Tautan-tautan Akses

Warga Australia Lakukan Rapat Umum Dukung Pajak Karbon


Aktris peraih Oscar, Cate Blanchett ikut mengiklankan dukungan bagi Pajak Karbon dalam iklan televisi Australia.

Aktris peraih Oscar, Cate Blanchett ikut mengiklankan dukungan bagi Pajak Karbon dalam iklan televisi Australia.

Para demonstran di kota-kota besar Australia membawa poster dan meneriakkan slogan “Ya” kepada pajak karbon hari Minggu.

Ribuan warga Australia berunjuk rasa mendukung rencana pemerintah untuk mengenakan pajak atas emisi karbon, yang dituding penyebab pemanasan global.

Para demonstran di kota-kota besar di seluruh negara itu hari Minggu membawa poster-poster dan meneriakkan slogan-slogan yang mengatakan “Ya” kepada pajak karbon. PBB menetapkan tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Aktivis-aktivis lingkungan dan beberapa selebriti berbicara tentang kewajiban memastikan generasi mendatang memerangi perubahan iklim. Aktris peraih Oscar Cate Blanchett bergabung dalam rapat umum itu di Sydney.

Australia sangat bergantung pada listrik bertenaga batubara dan merupakan salah satu pencemar terburuk di dunia. Pajak emisi karbon adalah subyek perdebatan sengit di negara itu. Perdana Menteri Julia Gillard mengesampingkan pajak itu selama kampanye pemilunya, tapi awal tahun ini ia mengusulkan pajak tetap terhadap pencemar-pencemar karbon utama yang dimulai bulan Juli 2012.

Industri-industri besar, terutama industri pertambangan yang kuat di negara itu, mendesak pemerintah untuk menetapkan memulai dengan pajak yang rendah kira-kira $ 10 per ton untuk emisi karbon, katanya jika lebih dari angka tersebut maka akan berbahaya bagi perekonomian Australia.

XS
SM
MD
LG