Tautan-tautan Akses

Warga AS yang Ditahan di Yaman Dibebaskan dan Dievakuasi


ARSIP – Menlu AS John Kerry mengadakan konferensi pers di akhir Pertemuan Para Menteri untuk Koalisi Global untuk Menentang ISIL (21/7). (foto: AP Photo/Cliff Owen)

ARSIP – Menlu AS John Kerry mengadakan konferensi pers di akhir Pertemuan Para Menteri untuk Koalisi Global untuk Menentang ISIL (21/7). (foto: AP Photo/Cliff Owen)

Pemberontak Houthi telah melepaskan Wallead Yusuf Pitts Luqman, warga AS yang disandera, yang kemudian dievakuasi dari negara yang dilanda perang itu ke Oman.

Warga Amerika yang ditahan di Yaman telah dibebaskan dan dievakuasi dari negara yang dilanda perang itu ke Oman.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyambut baik berita dibebaskannya Wallead Yusuf Pitts Luqman, dan mengakui hal itu sebagai "sikap positif" pemberontak Houthi.

Menurut kantor berita resmi Oman, ONA, Luqman diterbangkan ke kesultanan itu dengan pesawat militer Oman, bersama beberapa orang Yaman yang terluka dalam perang.

Istri Luqman mengatakan suaminya berada di Yaman untuk mengajar bahasa Inggris dan ditahan April 2015 ketika hendak meninggalkan negara itu dengan naik bus.

Bulan lalu, Oman - anggota Dewan Kerjasama Teluk - membantu membebaskan dua orang Amerika lain yang ditahan pemberontak Houthi di Yaman.

Yaman, di ujung selatan Jazirah Arab, dikecamuk perang saudara sejak September 2014 ketika orang-orang Houthi menyerbu ibukota Sana'a dan menggulingkan pemerintahan Presiden Abd-Rabu Mansour Hadi.

PBB memperkirakan, sudah lebih dari 10 ribu orang tewas sejak koalisi pimpinan Arab Saudi memulai serangan militer di Yaman Maret tahun lalu, dalam upaya memulihkan kekuasaan Hadi. [ka]

XS
SM
MD
LG