Tautan-tautan Akses

Dua Warga AS yang Dibebaskan Iran Tiba di New York


Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal berbicara di Muscat, Oman beberapa saat sebelum keberangkatan mereka ke Amerika (24/9).

Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal berbicara di Muscat, Oman beberapa saat sebelum keberangkatan mereka ke Amerika (24/9).

Setelah dua tahun dipenjara di Iran, pengelana Amerika Josh Fattal dan Shane Bauer kembali ke Amerika dengan uang jaminan satu juta dolar.

Dua pengelana Amerika yang dipenjara di Iran dua tahun lalu atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata mengatakan, mereka ditahan bukan karena melakukan kesalahan, tapi karena mereka adalah warga Amerika.

Josh Fattal dan Shane Bauer yang ditangkap bersama kawan mereka, Sarah Shourd, sedang berkelana di perbatasan Irak-Iran bulan Juli tahun 2009, dibebaskan oleh Iran hari Rabu setelah Oman mengatur pembayaran uang jaminan satu juta dolar bagi kedua warga AS itu.

Setelah bebas, dari Iran mereka menuju ke Oman dan menghabiskan tiga hari bersama keluarga mereka di sana. Juga berada di Oman adalah rekan perempuan mereka, Sarah Shourd, sesama pengelana yang lebih dahulu dibebaskan tahun lalu dengan uang jaminan 500.000 dolar.

Sebelum berangkat menuju Amerika, Fattal berterima kasih kepada pemerintah Oman yang menyambutnya dan menjamu keluarga mereka. Sementara Bauer mengatakan, turun dari pesawat yang mengangkut mereka ke Oman adalah pengalaman terhebat dalam hidup mereka.

Dalam wawancara pers setiba di New York hari Minggu, Fattal dan Bauer mengatakan, mereka disandera karena adanya sengketa politik antara Amerika dan Iran.

Shane Bauer menyerukan pada Iran supaya membebaskan semua orang yang ditahan karena keyakinan mereka, tapi ia juga mengecam kebijakan Amerika terhadap Iran, yang katanya, telah mendorong rasa permusuhan terhadap amerika.

XS
SM
MD
LG