Tautan-tautan Akses

AS

Survei: Warga AS Prihatin atas Kekuatan Ekonomi Tiongkok


Produk-produk ekspor Tiongkok siap dikapalkan di pelabuhan Shanghai (foto: dok). Menurut survei, kekuatan ekonomi Tiongkok meresahkan sebagian besar warga Amerika.

Produk-produk ekspor Tiongkok siap dikapalkan di pelabuhan Shanghai (foto: dok). Menurut survei, kekuatan ekonomi Tiongkok meresahkan sebagian besar warga Amerika.

Survei yang dilakukan oleh kelompok riset independen di Amerika itu mengatakan, mayoritas warga AS prihatin dengan kekuatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Sebuah survei memperoleh temuan hampir 2/3 warga Amerika mengatakan hubungan Amerika-Tiongkok baik dan sebagian besar warga Amerika menganggap Tiongkok adalah sebagai saingan ketimbang musuh Amerika.

Tapi survei yang dilakukan oleh kelompok riset independen yang berkantor di Amerika itu mengatakan mayoritas warga Amerika prihatin dengan kekuatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

60 persen lebih responden mengatakan hutang Amerika dalam jumlah besar yang dimiliki oleh Tiongkok, hilangnya lapangan pekerjaan dan hijrah Tiongkok serta defisit perdagangan Amerika dan Tiongkok merupakan masalah yang sangat serius dan hampir separuh mengatakan kebangkitan Tiongkok sebagai kekuatan dunia adalah ancaman besar bagi Amerika.

Di sisi lain pakar hubungan luar negeri yang disurvei tidak begitu prihatin dengan meningkatnya kekuatan Tiongkok, dengan pengecualian pensiunan pejabat militer, hanya sekitar 30 persen dari para pakar tersebut yang menganggap kebangkitan Tiongkok sebagai ancaman utama.

Baik Presiden Obama dan calon presiden dari partai Republik Mitt Romney menjadikan Tiongkok, khususnya praktek perdagangannya sebagai isu pemilu.

Obama mengatakan Romney sebagai pengusaha menutup pabrik-pabrik dan mengirim lapangan kerja ke Tiongkok. Romney mengatakan Obama lemah dalam menghadapi Tiongkok.
XS
SM
MD
LG