Tautan-tautan Akses

Warga AS Peringati 235 Tahun Hari Lahir Bendera Amerika


Wisatawan mengunjungi rumah Betsy Ross, tempat bersejarah di mana bendera Amerika pertama dibuat (foto: dok.).

Wisatawan mengunjungi rumah Betsy Ross, tempat bersejarah di mana bendera Amerika pertama dibuat (foto: dok.).

Hari Kamis ini (14/6) warga AS memperingati disahkannya rancangan bintang dan garis sebagai bendera resmi Amerika oleh Kongres AS, tepat 235 tahun lalu.

Hari Kamis ini kesibukan berlangsung di rumah Betsy Ross di Philadelphia. Tentu saja ia tidak ada di sana karena Betsy Ross meninggal pada tahun 1836. Tetapi, ratusan wisatawan datang ke rumahnya.

Hari Kamis ini rakyat Amerika memperingati hari Bendera. Hari libur tidak resmi ini memperingati disahkannya rancangan bintang dan garis sebagai bendera Amerika oleh Continental Congress 235 tahun lalu pada tanggal 14 Juni 1777.

Sepanjang yang diketahui, rumah Ross merupakan tempat lahir bendera Amerika. Itu bisa diperdebatkan, tetapi buku-buku sekolah masih mengatakan demikian.

Betsy Ross adalah seorang penjahit perempuan yang sibuk melapisi mebel kursi di Philadelphia, yang menjadi tempat penting revolusi Amerika melawan kekuasaan Inggris. Deklarasi Kemerdekaan oleh para koloni ditandatangani di kota ini, demikian pula konstitusi negara yang baru setelah mendapatkan kemerdekaan.

Betsy Ross menjadi janda ketika suaminya, anggota milisi setempat, tewas akibat ledakan serbuk mesiu. Betsy Ross sering memperbaiki pakaian-pakaian pemimpin pemberontak dan yang kemudian menjadi presiden Amerika George Washington.

Kisah itu di promosikan oleh cucu Ross, yang menulis bahwa Betsy Ross “menjahit sendiri bendera pertama Amerika”. Ia menjadi contoh bagi remaja putri, teladan yang baik, sumbangsih perempuan dalam perjuangan kemerdekaan Amerika.

Sebagian besar kajian menyebutkan Ross menjahit bendera pertama Amerika. Ia dipuji karena menyulam dengan indah bintang berwarna putih di bagian kain yang berwarna biru di pojok kanan atas bendera.

Banyak yang mengatakan bahwa George Washington membawa rancangan itu kepada Ross dan kemudian memintanya untuk menjahitnya.

Dalam sebuah surat George Washington menulis “Kami mengambil bintang dari surga, merah dari ibu pertiwi, memisahkannya dengan garis putih yang menunjukkan kami sudah berpisah. Garis putih itu akan terus menurun pada anak cucu, serta melambangkan kebebasan.

Pemikiran yang lebih mendalam seperti itu jauh dari benak seorang penjahit sederhana, kata mereka yang meragukan Betsy Ross menciptakan bendera pertama Amerika dari awalnya.
XS
SM
MD
LG