Tautan-tautan Akses

Warga AS Juga Memilih Anggota Senat dan DPR


Para pemilih AS memberikan suara di kota New York, Selasa (8/11).

Para pemilih AS memberikan suara di kota New York, Selasa (8/11).

Partai Demokrat harus bisa meraih tambahan lima kursi agar bisa berperan sebagai mayoritas di Senat AS yang kini dikuasai partai Republik.

Sementara jutaan warga Amerika mempergunakan hak pilih mereka Selasa (8/11) guna menetapkan pengganti presiden Barack Obama, pemilih juga akan menentukan siapa yang akan mewakili mereka di Senat dan DPR Amerika.

Pemilih akan menetapkan siapa yang akan menduduki 34 kursi Senat dari total 100 kursi, dan 435 kursi di DPR.

Pihak Republik kini menguasai Senat dengan selisih 54-46. Demokrat harus bisa meraih lima kursi agar bisa berperan sebagai mayoritas. Kalau Demokrat hanya meraih empat kursi Senat dan Clinton memenangkan jabatan kepresidenan, wapresnya akan bisa mematahkan kondisi suara seri 50-50 di Senat.

Pihak Republik diduga akan mempertahankan kendali di DPR di mana mereka menguasai 247 kursi dibandingkan Demokrat yang hanya 188. Analis meramalkan pihak Republik akan kehilangan 10 sampai 15 kursi di DPR.

Analis politik Nathan Gonzales mengatakan kepada VOA, kendali Senat sedang diperebutkan, dan kemungkinan besar Demokrat akan meraih kendali, dengan memenangkan 3 dari ke 6 kursi di Senat. Tetapi Gonzales menambahkan, pihak Republik juga berpeluang untuk mempertahankan mayoritas mereka di Senat. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG