Tautan-tautan Akses

Warga AS Dukung RUU Larangan Penggunaan Zat Kimia Beracun

  • Vidushi Sinha

Senator Frank R. Lautenberg, adalah anggota senior Senat AS dari New Jersey.

Senator Frank R. Lautenberg, adalah anggota senior Senat AS dari New Jersey.

Kongres AS didesak agar segera mengesahkan UU baru yang lebih ketat untuk melindungi anak-anak dari zat kimia berbahaya.

Akademi Dokter Anak Amerika mengatakan peraturan pemerintah yang melindungi anak-anak dari zat kimia berbahaya dalam makanan, mainan dan produk rumah tangga, harus direvisi. Desakan organisasi itu telah memicu dukungan besar publik agar Kongres mengesahkan undang-undang baru yang lebih ketat.

Aktris Hollywood, dan juga seorang ibu, Jessica Alba berada di antara kerumunan massa yang berdemonstrasi di gedung Capitol Amerika, mendesak disahkannya Undang-undang Zat Kimia Aman, sebuah revisi Undang-undang Pengawasan Senyawa Beracun tahun 1976.

Alba adalah juru bicara Koalisi Keluarga Sehat Zat Kimia Aman, satu dari sekian banyak kelompok aktivis yang berkumpul di Washington, sebagai bagian dari upaya melobi selama dua hari.

Senator Frank Lautenberg memperkenalkan RUU itu pada bulan April. Jika disahkan, UU itu akan melarang penggunaan zat kimia beracun dalam produk-produk konsumen dan menetapkan criteria berbasis kesehatan yang lebih ketat untuk mendapat persetujuan.

RUU ini juga mengakui kerentanan unik pada anak-anak terhadap zat kimia beracun. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa zat kimia beracun adalah penyebab-penyebab utama penyakit dan cacat pada anak-anak.

Senator Lautenberg mengatakan risiko untuk tidak berbuat apa-apa, telah menjadi terlalu besar. Lebih lanjut ia mengatakan, "Ini berbahaya dan tidak bisa diterima. Kita berupaya untuk meloloskan undang-undang zat kimia aman yang akan mengharuskan pabrik-pabrik kimia untuk membuktikan bahwa produk mereka memang aman."

Mainan anak-anak buatan Tiongkok diketemukan mengandung zat kimia berbahaya bagi anak-anak.

Mainan anak-anak buatan Tiongkok diketemukan mengandung zat kimia berbahaya bagi anak-anak.

Anak-anak berisiko lebih besar akibat zat kimia beracun daripada orang dewasa karena berat badan mereka lebih ringan dibanding proporsi jumlah zat kimia di udara, makanan, dan air. Kecenderungan mereka untuk memasukkan segala macam benda ke dalam mulut dan bermain di lantai, juga meningkatkan pemaparan mereka.

Para dokter anak mengatakan pada tahap awal pertumbuhan anak, paparan zat kimia beracun biarpun dalam dosis sangat kecil tidak hanya mengganggu pertumbuhan organ tetapi juga menyebabkan cacat seumur hidup. Anak-anak juga tidak mempunyai enzim sebanyak yang diperlukan untuk menghancurkan dan menyingkirkan zat kimia beracun dari tubuh mereka.

Akademi Dokter Anak Amerika mendukung imbauan bagi peraturan lebih ketat, khususnya bagi zat-zat kimia yang telah menimbulkan keprihatinan masyarakat seperti dikatakan Robert Block, Presiden Akademi Dokter Anak itu. "Kami menginginkan undang-undang yang akan mengatur pemantauan zat-zat kimia dalam produk dan melarang peredaran produk yang mengandung unsure yang mungkin berbahaya atau beracun," ujar Dr Block.

Para pendukung UU baru itu mengatakan mereka menyadari bahwa kepentingan industri kimia harus diperhitungkan. Tapi para anggota parlemen, pakar medis, dan perwakilan industri sependapat bahwa pertimbangan itu harus selalu mementingkan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

XS
SM
MD
LG