Tautan-tautan Akses

Warga AS Jagokan 'American Sniper' untuk Raih Oscar


Cuplikan gambar dari film 'American Sniper'

Cuplikan gambar dari film 'American Sniper'

"And the Oscar goes to..."

Demikian kalimat yang akan diucapkan oleh para presenter penghargaan Academy Awards atau Oscar 22 Februari mendatang.

Dan kalau para pemenang Oscar dipilih oleh orang Amerika biasa, gelar film terbaik akan jatuh pada "American Sniper," sebuah film mengenai tentara penembak jitu di Perang Irak. Demikian menurut sebuah jajak pendapat Reuters/Ipsos tahunan.​

Sebuah film yang dibintangi Bradley Cooper sebagai almarhum perwira Navy SEAL Chris Kyle disebut oleh 22 persen responden sebagai film yang menurut mereka pantas mendapatkan penghargaan tertinggi Oscar di antara delapan nominasi, menurut survei online di Amerika yang diselenggarakan 16-23 Januari.​

Biopik pejuang persamaan hak bagi warga kulit hitam, Martin Luther King Jr, "Selma" meraih tempat kedua dengan 8 persen. "Boyhood" yang pengambilan gambarnya berlangsung selama 12 tahun dengan aktor yang sama dan difavoritkan di banyak ajang penghargaan, menduduki tempat ketiga dengan 4 persen.

Walaupun begitu, hampir separuh, atau 48 persen, mengatakan mereka tidak yakin film mana yang layak menang Film Terbaik. Baik "American Sniper" maupun "Selma" telah mengundang kontroversi di dalam negeri Amerika dalam beberapa pekan terakhir.

"American Sniper" arahan Clint Eastwood, yang saat ini merajai box office di America memicu perdebatan antara kubu politik liberal dan konservatif mengenai moralitas perang dan peran penembak jitu.

"Selma" mengundang kritik dari para sejarawan yang menganggap penggambaran Presiden Lyndon B. Johnson dalam konteks perjuangan hak sipil tidak sepenuhnya akurat.

Walaupun "Selma" masuk dalam nominasi film terbaik, namun para aktor film ini gagal meraih tempat dalam nominasi akting, yang menyulut protes banyak pihak bahwa aktor dan aktris minoritas luput dari perhatian Academy of Motion Picture Arts & Sciences (AMPAS) yang memilih nominasi dan pemenang Oscar. ​

Survei juga menunjukkan, bahwa banyak di antara responden belum menonton film-film yang masuk dalam nominasi Oscar tahun ini. Film yang sudah ditonton oleh sebagian besar responden adalah "Gone Girl," sebuah thriller adaptasi dari buku best-seller berjudul sama, yang malah tidak masuk dalam jajaran nominasi film terbaik Academy Awards.

Para pemenang Oscar yang akan diumumkan 22 Februari akan dipilih oleh 6.100 anggota AMPAS.

Jajak Reuters/Ipsos mensurvei 2,385 warga Amerika online dan memiliki interval kredibilitas plus minus 2,3 poin persentase.

XS
SM
MD
LG