Tautan-tautan Akses

Warga Afghanistan Lancarkan Perlawanan Terhadap ISIS


Seorang anggota pasukan keamanan Afghanistan berdiri di sebuah pos penjagaan, di distrik Achin sebelah timur provinsi Nangarhar (28/10).

Seorang anggota pasukan keamanan Afghanistan berdiri di sebuah pos penjagaan, di distrik Achin sebelah timur provinsi Nangarhar (28/10).

Perlawanan terhadap ISIS, yang meningkat hari Kamis (29/10), kabarnya adalah usaha bersama pasukan keamanan Afghanistan dan penduduk setempat untuk membersihkan daerah Achin dari kehadiran ISIS.

Ratusan warga setempat di provinsi Nangarhar, Afghanistan timur, telah melancarkan perlawanan terhadap militan ISIS.

“Kira-kira 600 penduduk setempat bergabung dengan kami dalam memerangi ISIS,” kata Gubernur daerah Achin, Haji Ghalib, dalam wawancara dengan VOA.

Daerah Achin, yang berbatasan dengan Pakistan, baru-baru ini telah mengalami peningkatan kehadiran militan ISIS.

“Ada kira-kira 1.500 laskar pada awalnya tetapi sebagian besar dari mereka telah meninggal atau tewas dalam pertempuran dengan pasukan kami,” kata Ghalib.

Dalam beberapa bulan ini, telah ada peningkatan pemberontakan ISIS di Afghanistan, terutama di provinsi Nangarhar dimana laskar ISIS telah melancarkan beberapa serangan terhadap pos pemeriksaan keamanan Afghanistan.

Perlawanan terhadap ISIS, yang meningkat hari Kamis, kabarnya adalah usaha bersama pasukan keamanan Afghanistan dan penduduk setempat untuk membersihkan daerah Achin dari kehadiran ISIS.

“Perlawanan tersebut sangat berhasil,” ujar Ghalib kepada VOA. “Ini adalah perlawanan penduduk setempat yang mendukung pemerintah dan pemerintah mendukung mereka. Dengan usaha seperti ini, ISIS akan dikalahkan di seluruh provinsi Nangarhar. Biarpun mereka pergi ke pegunungan paling jauh, mereka akan dikalahkan.” [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG