Tautan-tautan Akses

Warga Afghanistan Unjuk Rasa pada 10 Tahun Peringatan Invasi AS


Warga Afghanistan menyuarakan tuntutan mereka dalam demo yang diorganisir oleh partai Afghanistan Hambastegi di Kabul (6/10).

Warga Afghanistan menyuarakan tuntutan mereka dalam demo yang diorganisir oleh partai Afghanistan Hambastegi di Kabul (6/10).

Warga Afghanistan menuntut agar tentara Internasional segera ditarik dari negara mereka setelah sepuluh tahun invasi.

Ratusan warga Afghanistan berunjuk rasa di jalan-jalan kota Kabul hari Kamis, menyerukan penarikan segera pasukan internasional dari negara itu menjelang ulang tahun ke 10 invasi pimpinan Amerika.

Massa berkumpul di ibukota Afghanistan itu, membawa plakat yang mengutuk invasi itu dan menyalahkan Amerika dan sekutu-sekutunya atas kematian warga sipil. Sewaktu pawai berlangsung, sebagian pengunjuk rasa membakar bendera Amerika.

Demonstrasi ini dimaksudkan untuk memperingati ulang tahun ke-10 invasi ke Afghanistan tanggal 7 Oktober 2001 yang menggulingkan rezim Taliban.

Kini lebih dari 130.000 tentara internasional berada di Afghanistan, dan mayoritas dari Amerika.

Koalisi itu telah memulai serah terima tanggung jawab keamanan penuh kepada tentara dan polisi Afghanistan dalam suatu proses bertahap dengan tujuan semua pasukan tempur asing akan meninggalkan negara itu sebelum akhir 2014.

Di kota Brussels, Belgia, Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan ia percaya proses transisi itu berada “pada jalurnya" dan "tidak akan meleset." Tapi sejak proses itu dimulai awal tahun ini, pemberontak telah melancarkan sejumlah serangan besar dan pembunuhan terencana.

XS
SM
MD
LG