Tautan-tautan Akses

Wapres Yaman dan Oposisi Berunding soal Peralihan Kekuasaan


Wakil Presiden Yaman, Abd al-Rab Mansur Hadi

Wakil Presiden Yaman, Abd al-Rab Mansur Hadi

Wapres Abd al-Rab Mansur Hadi dan pemimpin oposisi bertemu Senin serta menyusun kerangka kerja untuk mendiskusikan pengalihan kekuasaan.

Pihak oposisi politik Yaman melakukan perundingan dengan pejabat pemimpin negara itu, dalam rangka usaha menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh, yang berada di Arab Saudi dalam rangka penyembuhan diri setelah menderita luka-luka dalam sebuah serangan roket.

Associated Press mengatakan Wakil Presiden Abd al-Rab Mansur Hadi dan pemimpin oposisi bertemu Senin serta menyusun sebuah kerangka kerja untuk mendiskusikan pengalihan kekuasaan.

Saleh sedang pulih di sebuah rumah sakit Saudi dari luka-luka parah yang dideritanya dalam sebuah ledakan di kompleks kepresidenan Yaman awal Juni. Selama absennya aktivis anti pemerintah memperbaharui seruan untuk memulai proses pembentukan dewan pemerintah peralihan. Penentangnya menyerukan agar Saleh segera undur diri.

Pembicaraan perdamaian telah macet selama berbulan-bulan karena Saleh menolak pendekatan dari jiran negara Teluk untuk melanjutkan pembicaraan.

Dalam berita lainnya, pejabat di Yaman mengatakan serangan udara yang mensasarkan militan Islamis di selatan menewaskan tiga orang. Pejabat Senin mengatakan serangan itu ditujukan ke Jaar di provinsi Abyan, yang berada dibawah kendali pihak militan terkait al-Qaida.

XS
SM
MD
LG