Tautan-tautan Akses

Wapres Xi Kunjungi Iowa, Tiongkok Beli Miliaran Dolar Kedele AS


Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping saat melakukan kunjungan ke negarabagian Iowa, bagian tengah Amerika (15/2).

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping saat melakukan kunjungan ke negarabagian Iowa, bagian tengah Amerika (15/2).

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping berada di Iowa, bagian tengah Amerika Serikat, di mana importir Tiongkok berjanji untuk membeli 4,3 milyar dolar kacang kedele.

Federasi perdagangan Tiongkok hari Rabu menanda-tangani persetujuan untuk membeli hampir 9 juta ton kacang kedele dari perusahaan-perusahaan Amerika. Para importir itu diperkirakan akan menanda-tangani kontrak lagi ketika mereka pergi bersama Xi ke Los Angeles hari Kamis – yang menjadikan jumlah pembelian mencapai rekor baru 12 juta ton. Ini adalah jumlah terbesar kacang kedele yang diimpor Tiongkok dalam satu kunjungan.

Walaupun Xi tidak menghadiri upacara penanda-tanganan kontrak kacang kedele itu, kunjungannya ke Iowa dipandang sebagai lambang hubungan perdagangan yang kuat dengan Tiongkok. Iowa adalah produsen terbesar kacang kedele, dan Tiongkok adalah importir terbesar kacang kedele di dunia.

Tetapi, kunjungan Xi ke Iowa juga mempunyai komponen pribadi – ia menemui orang-orang yang dikenalnya ketika pertama kalinya ia berkunjung ke negara bagian itu 25 tahun yang lalu. Wartawan VOA Steve Baragona melaporkan bahwa Xi akan minum teh bersama keluarga tempat ia tinggal ketika ia pejabat rendahan.

Keluarga itu mengatakan mereka mendapat kehormatan bertemu kedua kalinya dengan orang yang sekarang akan menjadi presiden berikut Tiongkok.

XS
SM
MD
LG