Tautan-tautan Akses

Wapres Tiongkok Kembali Muncul di Depan Umum


Wapres Tiongkok Xi Jinping diduga menderita stroke ringan, serangan jantung, atau cedera punggung setelah 'absen' selama dua pekan (foto: dok).

Wapres Tiongkok Xi Jinping diduga menderita stroke ringan, serangan jantung, atau cedera punggung setelah 'absen' selama dua pekan (foto: dok).

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping telah muncul di depan umum untuk pertama kali, setelah absen dalam beberapa acara kenegaraan penting dalam dua pekan.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan hari Sabtu bahwa Wakil Presiden Xi Jinping telah “tiba di Universitas Pertanian Tiongkok Sabtu pagi untuk kegiatan-kegiatan memperingati Hari Popularisasi Sains Nasional tahun ini”. Tidak ada rincian lebih lanjut.

Xi tidak muncul dalam sejumlah pertemuan yang dijadwalkan dengan tamu-tamu dari luar negeri sejak tanggal 1 September, termasuk Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Clinton. Xi terakhir kelihatan dalam pembukaan semester musim gugur sekolah Partai Komunis Beijing.

Ketidak-hadiran dalam pertemuan resmi itu telah menimbulkan spekulasi tentang kesehatan Xi.

Desas-desus yang paling sering terdengar adalah bahwa Wakil Presiden berusia 59 tahun itu menderita stroke ringan, serangan jantung, atau cedera punggung.

Tetapi kabar angin yang jauh lebih keras mengatakan bahwa dia menjadi sasaran usaha pembunuhan oleh lawan-lawan politiknya.

Xi diperkirakan akan mengambil alih jabatan pemimpin partai tahun ini, dan sebagai presiden tahun depan pada waktu transisi negara itu ke generasi baru para pemimpin.
XS
SM
MD
LG