Tautan-tautan Akses

Wakil Presiden Tiongkok Akhiri Lawatan di Amerika


Wapres Tiongkok Xi Jinping (kanan) mengunjungi terminal bagi perusahaan China Shipping di San Pedro, California (16/2).

Wapres Tiongkok Xi Jinping (kanan) mengunjungi terminal bagi perusahaan China Shipping di San Pedro, California (16/2).

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mengakhiri lawatan empat harinya ke Amerika Serikat hari Jumat, dengan serangkaian kegiatan di Los Angeles.

Bakal pemimpin tertinggi Tiongkok itu mengawali acaranya dengan berpidato di Forum Perdagangan Ekonomi Tiongkok-Amerika di Los Angeles, California didampingi Wakil Presiden Amerika Joe Biden, tuan rumah resmi Xi dalam lawatan ini.

Kedua pemimpin ini kemudian akan mengunjungi sebuah sekolah dengan mengadakan pertemuan dengan sekelompok gubernur Amerika.

Reuters melaporkan Xi mengatakan ekonomi Tiongkok akan mengalami pertumbuhan yang stabil tahun ini, tanpa menghadapi apa yang disebut penurunan mendadak. Ditambahkan, Tiongkok mendorong lebih banyak konsumsi, impor dan investasi eksternal.

Hari Kamis, Wakil Presiden Tiongkok itu mengunjungi Pelabuhan Los Angeles, pusat transportasi penting bagi perdagangan Tiongkok-Amerika. Didampingi Gubernur California Jerry Brown dan Walikota Los Angeles Antonio Villaraigosa, Xi mengunjungi terminal bagi perusahaan China Shipping, yang sedang melakukan perluasan besar-besaran.

Menurut Xi, pelabuhan itu dan perluasannya merupakan landasan kokoh bagi kerjasama ekonomi mendatang bagi kedua negara.

Xi, yang diperkirakan bakal menjadi presiden Tiongkok tahun depan, mengatakan, pelabuhan dan perluasannya merupakan landasan yang kokoh bagi kerjasama ekonomi antara kedua negara di masa mendatang.

Ia akan mengakhiri lawatannya dengan mengunjungi Staples Center di kota itu untuk menyaksikan pertandingan bola basket NBA yang menampilkan tim tuan rumah Lakers dan Phoenix Suns hari Jumat malam (17/2).

XS
SM
MD
LG