Tautan-tautan Akses

Wapres Tiongkok Akhiri Lawatan Amerika di Los Angeles


Wapres Tiongkok Xi JInping mengunjungi Anjungan Peti Kemas Tiongkok di San Pedro, Los Angeles, California (16/2).

Wapres Tiongkok Xi JInping mengunjungi Anjungan Peti Kemas Tiongkok di San Pedro, Los Angeles, California (16/2).

Wakil Presiden Xi Jinping mengakhiri lawatan empat harinya ke Amerika dengan mengatakan Amerika memperoleh manfaat dari hubungan positif dengan Tiongkok.

Xi mengatakan kepada Forum Ekonomi Perdagangan Tiongkok-Amerika di Los Angeles Jumat bahwa Tiongkok yang makmur dan stabil bukanlah ancaman bagi negara manapun. Ia mengatakan, Tiongkok hanya akan menjadi kekuatan positif bagi perdamaian dan pembangunan.

Xi, yang diperkirakan akan menjadi presiden Tiongkok tahun depan, bersama Wakil Presiden Amerika Joe Biden, juga mengunjungi sebuah sekolah di Los Angeles hari Jumat.

Biden mengatakan kepada para pelajar, yang mengambil spesialisasi kajian Asia, bahwa hubungan antara Amerika dan Tiongkok merupakan hubungan yang paling berpengaruh pada abad ke-21.

Sebuah studio film Amerika, DreamWorks Animation, mengumumkan usaha bersama senilai 330 juta dolar dengan tiga perusahaan Tiongkok. Dreamworks mengatakan, perusahaan-perusahaan yang menjadi mitranya itu akan mengoperasikan sebuah studio di Shanghai.

Meski memberi sambutan hangat, para pemimpin Amerika tidak mengabaikan isu-isu sensitif. Biden dan Presiden Barack Obama mengangkat persoalan HAM dalam pertemuan dengan Xi di Gedung Putih Selasa lalu.

XS
SM
MD
LG