Tautan-tautan Akses

Wapres China Temui Delegasi Jepang di Beijing


Wapres China Li Yuanchao (Foto: dok).

Wapres China Li Yuanchao (Foto: dok).

Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Gubernur Kyoto Keiji Yamada, berada di ibukota China untuk menghadiri Forum Gubernur China-Jepang.

Wakil presiden China mengungkapkan harapan akan hubungan yang lebih baik dengan Jepang, ketika ia bertemu dengan delegasi para gubernur Jepang di Beijing hari Selasa (28/10).

Pertemuan tersebut merupakan isyarat terbaru bahwa para pemimpin di kedua negara itu ingin memperbaiki hubungan yang telah tegang karena sengketa teritorial dan sejarah.

Delegasi yang dipimpin oleh Gubernur Kyoto Keiji Yamada itu berada di ibukota China untuk menghadiri Forum Gubernur China-Jepang.

Kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan Wakil Presiden Li Yuanchao mengatakan kepada para gubernur itu bahwa “pengembangan hubungan jangka panjang dan stabil antara China-Jepang adalah sejalan dengan kepentingan mendasar rakyat kedua negara.”

Li juga berbicara tentang “semangat mengambil pelajaran dari sejarah dan menghadapi masa depan.”

China telah mengeluh bahwa pemerintah konservatif Jepang yang dipimpin oleh Perdana Menteri Shinzo Abe berusaha menghidupkan kembali militerisme Jepang pada era pra-Perang Dunia Kedua.

XS
SM
MD
LG