Tautan-tautan Akses

Wapres AS Bertemu PM India di New Delhi


Wapres AS Joe Biden (kiri) bertemu dengan PM India Manmohan Singh di New Delhi hari Selasa (23/7).

Wapres AS Joe Biden (kiri) bertemu dengan PM India Manmohan Singh di New Delhi hari Selasa (23/7).

Wapres AS Joe Biden telah bertemu dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh di New Delhi hari Selasa pagi (23/7).

Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah bertemu dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh di New Delhi Selasa pagi. Ini adalah kunjungan pertama Biden sebagai Wakil Presiden ke India.

Di New Delhi Biden akan menemui para pemimpin bisnis India dalam upaya mendorong perdagangan dan meningkatkan hubungan keamanan dengan sekutu Amerika Serikat di Asia Selatan itu.

Kunjungan empat hari Biden dianggap luas sebagai langkah penting memajukan fokus presiden Obama pada upaya menggalang kemitraan kuat di kawasan Asia Pasifik yang bertujuan mengimbangi pengaruh China.

Setelah berbicara dengan PM Singh, Biden menemui pemimpin oposisi India, Sushma Swaraj. Selasa pagi, Biden melakukan pembicaraan dengan Wakil Presiden Hamid Ansari yang terfokus pada upaya meluaskan perdagangan bilateral.

Sebelumnya, Wapres Joe Biden dan Wakil Presiden India Hamid Ansari mengadakan pembicaraan di New Delhi, sebagai bagian kunjungan empat hari yang memusatkan perhatian pada hubungan diplomatik dan perdagangan kedua negara.

Biden diperkirakan akan membicarakan kekhawatiran keamanan India tentang penarikan Amerika dari Afghanistan, serta usulan dalam Kongres Amerika untuk mengurangi pemberian visa untuk para pekerja teknologi tinggi dari luar negeri.

Gedung Putih mengatakan kunjungan itu adalah bagian dari usaha-usaha penyeimbangan kembali terhadap kawasan Asia-Pasifik, dan menyebut India sebagai pemain yang semakin penting di kawasan itu. Gedung Putih mengatakan Biden akan memusatkan perhatian pada kerjasama ekonomi, isu-isu energi dan iklim, dan cara-cara untuk memperdalam hubungan pertahanan antara kedua negara.

Hari Rabu, Biden akan berangkat ke Mumbai untuk menyampaikan pidato di Bombay Stock Exchange.
XS
SM
MD
LG