Tautan-tautan Akses

AS

Wapres AS Minta Pemilih di Kentucky Dukung Penggantian Obamacare


Wakil Presiden AS Mike Pence menyapa para pendukungnya menyusul pidato mengenai asuransi kesehatan dalam kunjungan ke Louisville, Kentucky (11/3). (Reuters/Bryan Woolston)

Wakil Presiden AS Mike Pence menyapa para pendukungnya menyusul pidato mengenai asuransi kesehatan dalam kunjungan ke Louisville, Kentucky (11/3). (Reuters/Bryan Woolston)

Wakil Presiden AS Mike Pence meminta para pemilih di Kentucky mendukung “perlawanan” untuk mengganti program layanan kesehatan di Amerika, yang dikenal sebagai “Obamacare” dengan rancangan undang-undang baru yang dirancang oleh fraksi Republik di Kongres.

“Saya ingin menjelaskan bahwa sedang terjadi perlawanan di Washington DC dan ini kesempatan bagi kita untuk mencabut dan mengganti Obamacare untuk selamanya. Kita membutuhkan setiap anggota fraksi Republik di Kongres dan mengandalkan Kentucky,” ujar Pence dalam pidato yang disiarkan langsung oleh televisi nasional ketika sedang mengunjungi sebuah perusahaan layanan energi di Louisville, Kentucky, hari Sabtu (11/3).

Kentucky adalah negara bagian yang diwakili oleh Senator Rand Paul, salah satu pengecam keras RUU baru yang dibuat fraksi Republik itu.

Paul menyebut RUU pengganti itu sebagai “Obamacare Lite”, salah satu dari sejumlah anggota faksi dan kelompok konservatif yang telah menyampaikan keberatan terhadap RUU baru yang akan disebut sebagai UU Layanan Kesehatan Amerika.

Mereka yang menentang RUU baru itu telah menyerukan pada pemerintah Trump untuk berhenti memberi tambahan uang yang diberikan oleh “Obamacare” pada negara-negara bagian untuk memperluas program layanan kesehatan negara bagian “Medicaid” bagi 70 juta warga berpendapatan rendah.

RUU pengganti itu akan memangkas tambahan anggaran itu pada tahun 2020, kecuali bagi orang yang sudah mendaftar pada program layanan kesehatan yang baru, dua tahun lebih lambat dari yang diinginkan kelompok konservatif.

Meskipun ada tentangan, Presiden Donald Trump hari Sabtu menulis di Twitter bahwa RUU pengganti itu akan jalan terus.

Kentucky Contoh Kegagalan Obamacare

“Kentucky adalah contoh kegagalan Obamacare,” ujar Pence yang mengklaim premium asuransi kesehatan di negara bagian itu tahun lalu terus “membubung tinggi” hingga sekitar 24 persen.

Pence mengatakan hampir separuh warga Kentucky kini hanya punya satu badan yang menanggung asuransi, dan ia mengatakan bahwa badan yang dimaksudnya, Humana Inc, yang bermarkas di Louisville akan menarik diri.

Gubernur Kentucky Matt Bevin – yang juga merupakan salah satu pengecam RUU pengganti itu – telah mengingatkan bahwa negara bagian itu tidak akan mampu membayar program Medicaid yang terus meningkat, yang telah membebani hingga jutaan dolar lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya dan kini mencakup lebih dari seperempat warga Kentucky. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG