Tautan-tautan Akses

Wapres AS Melawat ke Asia


Joe Biden akan memulai kunjungannya Senin (2/12) di Jepang dan juga akan berkunjung ke China dan Korea Selatan.

Joe Biden akan memulai kunjungannya Senin (2/12) di Jepang dan juga akan berkunjung ke China dan Korea Selatan.

Gedung Putih mengatakan kunjungannya bertujuan untuk menegaskan kembali Amerika Serikat sebagai satu kekuatan di Pasifik.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden sedang dalam kunjungan enam hari ke Asia di tengah ketegangan yang meningkat dengan China atas zona pertahanan udara yang baru diberlakukan.

Biden akan memulai kunjungannya Senin (2/12) di Jepang dan juga akan berkunjung ke China dan Korea Selatan. Gedung Putih mengatakan kunjungannya bertujuan untuk menegaskan kembali Amerika Serikat sebagai satu kekuatan di Pasifik, memajukan kepentingan ekonomi dan perdagangan, dan tekadnya untuk menyeimbangkan kembali kebijakan luar negeri Amerika di Asia-Pasifik.

Biden akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana menteri Li Keqiang. Gedung Putih mengatakan Biden akan berusaha memajukan dialog tingkat tinggi yang merupakan ciri-ciri hubungan Amerika-China.

Tetapi, Gedung Putih mengatakan Biden juga akan membicarakan apa yang disebutnya bidang-bidang yang memprihatinkan, termasuk ketegangan regional.

Bulan lalu, China mendeklarasikan zona pertahanan udara di Pasifik, di angkasa kepulauan yang diklaim oleh China dan Jepang.

China menuntut semua pesawat terbang menyerahkan rencana penerbangan sebelum melintasi zona itu. Jepang tidak mau mematuhinya.

Amerika Serikat sudah menerbangkan pesawat jet militer melintasi zona itu tanpa memperdulikan tuntutan China, tetapi merekomendasi pesawat penumpang Amerika memberitahu China rencana penerbangan mereka.
XS
SM
MD
LG