Tautan-tautan Akses

Wapres AS Kunjungi Serbia, Kosovo


Wakil Presiden AS Joe Biden berbicara dalam upacara memorial untuk tiga polisi yang tewas di Baton Rouge, Louisiana (28/7). (Reuters/Jonathan Bachman)

Wakil Presiden AS Joe Biden berbicara dalam upacara memorial untuk tiga polisi yang tewas di Baton Rouge, Louisiana (28/7). (Reuters/Jonathan Bachman)

Pemerintah Kosovo telah memutuskan memberi nama Beau Biden untuk bagian dari jalan Gjilan-Ferizaj yang menuju Bondsteel, pangkalan militer Amerika di negara itu.

Wakil Presiden AS Joe Biden minggu depan akan melawat ke Serbia dan Kosovo, di mana pemerintahnya baru-baru ini memberi nama jalan raya sesuai dengan sama salah satu putra Biden.

Beau Biden, yang meninggal 30 Mei 2015 karena kanker otak pada usia 46 tahun tahun 2001 sempat bertugas sebagai penasihat hukum setelah perang di Kosovo.

Pada bulan Juni pemerintah Kosovo memutuskan memberi nama Beau Biden untuk bagian dari jalan Gjilan-Ferizaj yang menuju Bondsteel, pangkalan militer Amerika di negara itu.

Gedung Putih yang hari Selasa (9/8) mengumumkan lawatan wakil presiden dari tanggal 15-17 Agustus ke negara Balkan itu mengatakan Joe Biden juga akan mengadakan pertemuan dengan kedua presiden serta perdana menteri negara itu. Pernyataan itu tidak mengatakan masalah apa yang akan dibicarakan.

Bulan Maret lalu Biden bertemu dengan Presiden Kosovo Atifete Jahjaga di Gedung Putih dimana ia menyampaikan terima kasih kepada Jahjaga karena “upaya-upayanya untuk melawan ekstremisme kekerasan dan kepemimpinannya dalam memperkokoh demokrasi Kosovo."

Bulan November, Biden melawat ke Kroasia untuk membahas gelombang migran, isu-isu energi dan perang melawan terorisme dengan pejabat Kroasia serta Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk. [my/al]

XS
SM
MD
LG