Tautan-tautan Akses

AS

Tuduh Sekutu AS Danai Teroris, Wapres Biden Minta Maaf


Wapres AS Joe Biden saat berpidato di Universitas Harvard.

Wapres AS Joe Biden saat berpidato di Universitas Harvard.

Wapres Amerika Joe Biden telah menyampaikan permohonan maaf kedua atas tuduhannya bahwa negara-negara Arab mempersenjatai dan mendanai teroris di Suriah.

Wakil Presiden Amerika Joseph Biden telah menyampaikan permohonan maaf kedua dalam dua hari atas komentar-komentar yang disampaikannya, terkait bahwa negara-negara Arab sekutu Amerika telah mempersenjatai dan mendanai teroris di Suriah.

Biden hari Minggu (5/10) menelepon putra mahkota Uni Emirat Arab Pangeran Mohammed bin Zayed bahwa ia tidak bermaksud mengisyaratkan bahwa Uni Emirat Arab mendukung teroris.

Dalam pidato tentang kebijakan luar negeri Amerika yang disampaikannya di Universitas Harvard pekan lalu, Biden menggambarkan sekutu-sekutu Amerika itu sebagai “persoalan terbesar” dalam melawan teroris, dan kemudian Biden menyebut nama beberapa negara, antara lain Turki, Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Turki adalah negara pertama yang menyampaikan keberatan tentang bagian pidato berbeda yang disampaikan pada kesempatan yang sama, di mana Biden mengklaim bahwa Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan telah mengatakan kepadanya bahwa Turki telah melakukan kesalahan dengan membiarkan pejuang-pejuang asing menyeberangi perbatasan Turki menuju ke Suriah.

Biden menelepon Erdogan untuk minta maaf setelah pemimpin Turki itu membantah bahwa ia pernah menyampaikan pernyataan seperti itu kepada Biden atau bahwa Turki telah mengijinkan pejuang-pejuang asing untuk menyebrangi perbatasannya.

XS
SM
MD
LG