Tautan-tautan Akses

Mulai Lawatan di Timur-Tengah, Wapres AS Janji Tumpas ISIS


Wakil Presiden Amerika Joe Biden berbicara di depan personel militer AS yang ditempatkan di Pangkalan Udara Al-Dhafra di Uni Emirat Arab hari Senin (7/3).

Wakil Presiden Amerika Joe Biden berbicara di depan personel militer AS yang ditempatkan di Pangkalan Udara Al-Dhafra di Uni Emirat Arab hari Senin (7/3).

Dalam kunjungannya ke Pangkalan Udara Al-Dhafra di Uni Emirat Arab hari Senin (7/3), Wapres AS Joe Biden menyebut militan ISIS “penjahat dan pengecut”.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden memulai lawatan 5-hari ke Timur Tengah hari Senin (7/3), dengan janji bahwa Amerika Serikat akan menumpas ISIS dan menghancurkannya.

Biden mengunjungi para penerbang Amerika yang ditempatkan di Pangkalan Udara Al-Dhafra dekat ibukota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi, sementara pesawat-pesawat tak berawak lepas landas dan mendarat di landasan pacu.

Ia menyebut militan ISIS “penjahat dan pengecut.” Biden mengatakan kepada para penerbang, “Kita akan menumpas ISIS di Irak dan Suriah supaya mereka tidak dapat terus memompa racun mereka di kawasan itu dan seluruh dunia.”

Dalam wawancara dengan suratkabar Abu Dhabi, The National, Biden menekankan saran Amerika akan penyelesaian melalui perundingan untuk mengakhiri perang saudara 5-tahun di Suriah, dan menolak kemungkinan solusi militer. Pembicaraan perdamaian akan dilanjutkan lagi pekan ini di Jenewa sementara gencatan senjata telah mengurangi banyak pertempuran dalam beberapa hari ini,

“Solusi politik antara pihak-pihak yang bermusuhan adalah satu-satunya cara mengakhiri kekerasan dan memberi kepada rakyat Suriah peluang yang patut mereka peroleh untuk membangun kembali negara mereka,” kata Biden.

Ia menambahkan, “Untuk menciptakan tata-negara yang layak dipercaya, inklusif, dan tidak berdasarkan agama, undang-undang dasar baru dan pemilu bebas dan adil harus diadakan.”

Biden akan bertemu dengan putra mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, serta penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, wakil-presiden dan perdana menteri federasi itu. [gp]

XS
SM
MD
LG