Tautan-tautan Akses

AS

Wapres AS: Irak Telah Capai Kemajuan Politik


Petugas bekerja memadamkan kebakaran di lokasi serangan bom mobil di Kirkuk (23/8). (Reuters/Ako Rasheed)

Petugas bekerja memadamkan kebakaran di lokasi serangan bom mobil di Kirkuk (23/8). (Reuters/Ako Rasheed)

Joe Biden menyatakan pembentukan pemerintah baru adalah komponen yang harus ada dalam pertempuran Irak melawan militan dari ISIS.

Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan Irak telah mencapai kemajuan politik yang telah membangkitkan dukungan yang lebih besar dari kawasan itu dan dunia.

Biden juga menyatakan lagi dalam pembicaraan telepon Senin (25/8) dengan bakal Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi bahwa pembentukan pemerintah baru adalah komponen yang harus ada dalam pertempuran Irak melawan militan dari ISIS.

Gedung Putih mengatakan Abadi memberitahu Biden bahwa ia bermaksud untuk dengan cepat membentuk pemerintah yang berbagi kekuasaan dan inklusif untuk menggantikan pemerintahan Nouri al-Maliki.

Sebelumnya Senin, Abadi menyerukan kepada semua milisi dan suku di Irak agar kembali di bawah kekuasaan negara dan menghentikan operasi yang independen.

Irak sedang berjuang menghadapi peningkatan militan Sunni, ISIS, yang telah merebut kekuasaan di daerah luas di bagian utara dan barat negara itu.

XS
SM
MD
LG