Tautan-tautan Akses

Wapres AS Desak Turki Pertegas Sanksi Terhadap Iran


Wapres AS Joe Biden (kanan) bersama Presiden Turki Abdullah Gul dalam kunjungan Biden ke Ankara (2/12).

Wapres AS Joe Biden (kanan) bersama Presiden Turki Abdullah Gul dalam kunjungan Biden ke Ankara (2/12).

Wapres AS Joe Biden berada di ibukota Turki, Ankara, untuk bertemu Presiden Turki Abdullah Gul dan Ketua DPR Cemil Cicek.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden mendesak Turki agar menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran. Tapi, ia memuji pemerintah Turki karena menekan Suriah agar menghentikan penumpasan brutal terhadap demonstran.

Biden menyampaikan komentar itu kepada koran Turki Hurriyet hari Jumat. Wakil Presiden Amerika berada di ibukota Turki, Ankara, untuk bertemu Presiden Turki Abdullah Gul dan Ketua DPR Cemil Cicek.

Hanya beberapa hari setelah Amerika mempertegas sanksi ekonomi terhadap Iran, Biden mendesak Turki agar melakukan langkah serupa.

Ia memuji Turki karena menyerukan Presiden Suriah Bashar al-Assad agar mundur setelah ribuan orang tewas dalam aksi-aksi protes selama lebih dari delapan bulan di negara itu.

Biden juga mengatakan Amerika akan terus bekerjasama dengan Turki untuk mewujudkan kepentingan bersama di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Ia memuji Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan pemerintahnya atas apa yang disebut "kepemimpinan yang nyata." Belum jelas apakah wakil presiden akan bertemu Erdogan, yang baru pulih dari operasi.

XS
SM
MD
LG