Tautan-tautan Akses

Wapres AS Bertemu Presiden China di Beijing


Presiden China Xi Jinping (kanan) menerima kunjungan Wapres AS Joe Biden di Beijing, Rabu (4/12).

Presiden China Xi Jinping (kanan) menerima kunjungan Wapres AS Joe Biden di Beijing, Rabu (4/12).

Baik Wapres AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping tidak memberikan komentar mengenai zona pertahanan udara China yang kontroversial, Rabu (4/12).

Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu di Beijing dengan Presiden China Xi Jinping, tetapi keduanya tidak memberikan komentar mengenai zona pertahanan udara Beijing yang kontroversial, yang menimbulkan ketegangan di kawasan.

Setelah pertemuan di Balai Agung Rakyat, Biden mengatakan hubungan antara kedua negara harus didasarkan pada kepercayaan, namun ia tidak menyebut zona pertahanan udara China yang menjadi fokus pembicaraan Biden di Jepang hari Selasa.

Xi tidak menyebut kontroversi itu dan hanya mengatakan bahwa hubungan antara Washington dan Beijing berkembang dengan positif namun isu-isu regional selalu muncul.

Biden telah berjanji akan mengangkat isu tersebut dalam pertemuan dengan para pemimpin China.

Sehari sebelumnya Biden berkunjung ke Jepang di mana ia menyatakan sangat prihatin atas zona pertahanan udara yang diumumkan Beijing di Laut China Timur.

Setelah pertemuan dengan PM Jepang Shinzo Abe, Biden menyarankan diambilnya langkah-langkah pembangunan rasa saling percaya, termasuk saluran komunikasi darurat, guna membantu meredakan ketegangan.
XS
SM
MD
LG