Tautan-tautan Akses

AS

Walmart Naikkan Gaji 40 Persen Karyawan


Pekerja Walmart melakukan protes menuntut kenaikan upah di sebuah toko serba ada itu di Paramount, California, 2012. (Reuters/Bret Hartman)

Pekerja Walmart melakukan protes menuntut kenaikan upah di sebuah toko serba ada itu di Paramount, California, 2012. (Reuters/Bret Hartman)

Walmart telah lama menjadi sasaran kecaman karena menawarkan apa yang mereka katakan pekerjaan bergaji rendah tanpa tunjangan dan hampir tidak ada kesempatan untuk maju atau naik pangkat.

Walmart, perusahaan jaringan toko serba ada yang paling besar di Amerika Serikat dan perusahaan swasta yang mempunyai paling banyak karyawan di negara itu, mengumumkan Kamis (20/2) perusahaan itu akan menaikkan gaji kira-kira 40 persen karyawannya.

Lima ratus ribu orang karyawan Walmart akan digaji sedikitnya US$9 per jam mulai April, dan $10 per jam sebelum Februari tahun depan.

Upah minimum federal saat ini adalah $7.25 per jam.

Walmart juga akan memulai pelatihan untuk memberi karyawan rendahan kesempatan untuk naik pangkat.

Walmart, yang menjalankan ribuan toserba diskon, telah lama menjadi sasaran kecaman dari organbisasi-organisasi buruh karena menawarkan apa yang mereka katakan pekerjaan bergaji rendah tanpa tunjangan dan hampir tidak ada kesempatan untuk maju atau naik pangkat.

Gedung Putih mengirim pesan Twitter Kamis yang mengucapkan selamat kepada Walmart karena memberi pekerjanya kenaikan gaji dan sekali lagi menyerukan kepada Kongres agar menaikkan upah minimum federal hingga sedikitnya $10.10 satu jam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG