Tautan-tautan Akses

AS

Walikota Washington DC Legalisasi Ganja


Walikota Washington Muriel Bowser.

Walikota Washington Muriel Bowser.

Undang-undang itu melegalisasi pemilikan dan menghisap dalam tempat pribadi seperlima kilogram ganja.

Walikota Washington DC, Muriel Bowser, mengatakan rancangan yang disetujui rakyat yang melegalisasi ganja akan mulai berlaku, Kamis (26/2), walaupun ada peringatan dari beberapa anggota Kongres bahwa rancangan itu akan melanggar undang-undang federal.

Rakyat telah menyetujui undang-undang ganja November. Undang-undang itu melegalisasi pemilikan dan menghisap dalam tempat pribadi seperlima kilogram ganja. Undang-undang itu juga melegalisasi menanam sejumlah kecil tumbuhan itu. Membeli, menjual dan mengisap ganja di tempat umum masih melanggar undang-undang.

Washington DC bergabung dengan Alaska, Colorado dan negara bagian Washington dalam melegalisasi ganja.

Ketua Komisi Pengawasan dalam DPR, anggota Kongres Jason Chaffetz, memperingatkan walikota Washington bahwa dia dan pejabat kota lainnya dapat masuk penjara atas pelaksanaan undang-undang legalisasi itu.

Bowser tidak gentar. Menakut-nakuti Washington DC bukanlah apa yang dikehendaki rakyat daerah pemilihan Chaffetz, dan bukan pula yang dikehendaki daerah kami, katanya Rabu.

“Kami tidak sependapat dari segi hukum. Ada cara yang wajar untuk menyelesaikannya tanpa kami mengancam dia atau ia mengancam kami.”

Rancangan anggaran negara DPR yang diluluskan bulan Desember tidak mencakup dana bagi Washington DC untuk melaksanakan undang-undang ganja.

Para pakar hukum dari pihak Washington DC dan Kongress mengatakan sangat tidak mungkin walikota atau siapapun akan dipenjarakan gara-gara undang-undang baru itu. Tetapi, ada langkah-langkah ganjaran yang dapat diambil oleh Kongress terhadap kota Washington.

XS
SM
MD
LG