Tautan-tautan Akses

AS

Walikota New York Minta Warga Sabar Tunggu Hasil Penyelidikan Bom


Walikota New York Bill de Blasio dan Gubernur New York Andrew Cuomo memantau lokasi ledakan di Chelsea, New York (18/9).

Walikota New York Bill de Blasio dan Gubernur New York Andrew Cuomo memantau lokasi ledakan di Chelsea, New York (18/9).

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan ledakan itu merupakan “aksi terorisme”, tetapi menegaskan tidak ada bukti bahwa itu merupakan “terorisme internasional."

Walikota New York Bill de Blasio mengatakan orang harus sabar untuk mengetahui alasan di balik pemboman di Manhattan Sabtu malam (17/9) yang melukai 29 orang di salah satu pemukiman tersibuk di kota itu.

“Kita punya pekerjaan yang lebih besar untuk mengetahui apa motif di balik ini? Apakah bermotif politik? Atau motif pribadi? Kita masih belum tahu," tambahnya.

Seorang penegak hukum mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa tim penyelidik tidak menghabiskan waktu untuk menyelidiki klaim tanggung jawab yang dipasang di situs media sosial Tumblr Minggu pagi (18/9).

Tumblr telah menghapus pesan tentang klaim tanggung jawab itu dan belum memberi komentar apapun.

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan ledakan itu merupakan “aksi terorisme”, tetapi menegaskan tidak ada bukti bahwa itu merupakan “terorisme internasional." Cuomo menambahkan bahwa sekitar 1.000 polisi dan Garda Nasional akan berpatroli di sistem layanan kereta api bawah tanah New York “untuk berjaga-jaga”.

Sementara itu, 29 korban luka-luka dalam insiden ledakan itu sudah diijinkan meninggalkan rumah sakit.

"Jika Tahu Sesuatu, Sampaikanlah"

Calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump menulis di Twitter “rasa simpati dan salam hangat kepada seluruh korban dan keluarga korban peledakan yang mengerikan tersebut”. Ia sebelumnya mengatakan “ini adalah saat untuk menjadi lebih kuat, cerdas dan waspada”.

Sementara calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton mengutuk serangan pemboman di New York dan juga serangan lain “yang tampaknya merupakan serangan teroris” di Minnesota dan New Jersey pada hari Sabtu.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson kembali mengingatkan warga bahwa mereka juga bisa ikut membantu memerangi terorisme dengan melaporkan kecurigaan apapun kepada polisi, dan mengulangi slogan “if you see something, say something” atau “jika Anda mengetahui sesuatu, sampaikanlah”.

Ledakan yang tampak seperti bom itu terjadi di luar sebuah gedung di permukiman Chelsea di New York, lokasi sejumlah restoran dan bar paling terkenal di kota itu. Ledakan itu membuat beberapa jalan dipenuhi pecahan kaca.

Sebuah gambar CCTV di dekat lokasi ledakan menunjukkan kaca-kaca toko dan mobil yang diparkir pecah berantakan, sementara para pejalan kaki lari menyelamatkan diri.

Belum jelas mengapa permukiman Chelsea yang menjadi sasaran. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG