Tautan-tautan Akses

Walesa Usulkan Terima Nobel Perdamaian atas Nama Liu Xiaobo


Mantan Presiden Polandia dan pemenang hadiah Nobel Perdamaian Lech Walesa. (foto: dok)

Mantan Presiden Polandia dan pemenang hadiah Nobel Perdamaian Lech Walesa. (foto: dok)

Lech Walesa menawarkan diri untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian secara simbolis atas nama Liu Xiaobo, yang tidak dilarang datang oleh pemerintah Tiongkok.

Mantan Presiden Polandia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Lech Walesa, telah menawarkan diri untuk menerima Hadiah Nobel Perdamaian atas nama pembangkang Tiongkok yang dipenjarakan Liu Xiaobo.

Kantor berita Perancis mengutip Walesa mengatakan ia hanya akan mewakili Liu secara simbolis dalam upacara penganugerahan hadiah bulan depan di Oslo. Ia mengatakan medali, sertifikat, dan uang hadiah akan tetap disimpan di ibukota Norwegia ini, sampai pembangkang Tiongkok tersebut dapat datang untuk mengambilnya.

Walesa, yang pernah memperoleh Hadiah Nobel Perdamaian atas protes damainya terhadap pemerintah komunis Polandia, mengatakan ia ingin mengarahkan perhatian pada kenyataan bahwa pemerintah Tiongkok menghambat Liu untuk datang ke Norwegia untuk menerima hadiah tersebut, yang menunjukkan pelanggaran atas hak asasi Liu.

Namun, media Norwegia pada hari Senin mengutip Komite Nobel Norwegia yang mengatakan Hadiah Nobel bagi Liu akan tetap disimpan di Oslo, sampai pemiliknya yang sah dapat datang untuk mengambilnya, tanpa perlu penyerahan secara simbolis.

XS
SM
MD
LG