Tautan-tautan Akses

Walaupun Ada Minsk II, Lebih 400 Tentara Ukraina Tewas


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Minsk, Belarusia, 26 Agt 2014.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Minsk, Belarusia, 26 Agt 2014.

Meskipun ada kesepakaan gencatan senjata Minsk II, namun sudah lebih dari 400 tentara Ukraina yang tewas. Setidaknya 430 tentara Ukraina tewas dalam melawan separatis di sana.

Sudah lebih 400 tentara Ukraina tewas dalam pertempuran sejak kesepakatan gencatan senjata Minsk II disetujui setahun lalu, dengan Rusia berperan utama dalam kekerasan.

Kepada VOA, Deputi Asisten Menteri Pertahanan Michael Carpenter, yang tanggungjawabnya mencakup Ukraina, Rusia dan Eurasia, mengatakan Amerika melihat pertempuran di Ukraina timur "cukup" meningkat.

Meskipun ada perjanjian gencatan senjata tahun lalu, menurut Carpenter, setidaknya 430 tentara Ukraina tewas dalam melawan separatis di sana.

Rusia mengerahkan senjata berat ke wilayah Donbass, Ukraina timur, sambil melatih dan mengendalikan separatis di sana dengan "kehadiran kekuatan di dalam Ukraina timur."

Separatis yang didukung Rusia melancarkan ratusan serangan di Ukraina timur dalam seminggu terakhir.

Berbicara kepada Komisi Angkatan Bersenjata Senat hari Selasa, Jenderal Phil Breedlove, panglima militer NATO, mengatakan terjadi 71 serangan dalam 24 jam ini dan sekitar 450 serangan dalam tujuh hari terakhir. [ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG