Tautan-tautan Akses

Toko Eceran Wal-Mart akan Perluas Layanan secara Online


Suasana di salah satu toko eceran Walmart di kota Bentonville, Arkansas (foto: dok),

Suasana di salah satu toko eceran Walmart di kota Bentonville, Arkansas (foto: dok),

Wal-Mart Stores Inc akan memperluas layanan bagi pemesanan melalui online, membuatnya semakin jauh masuk ke pasar yang menjadi lahan Amazon.com Inc, Target Corp, dan Google Inc. dalam usaha merebut pelanggan.

Toko eceran itu hari Selasa (29/9) mengatakan, mulai bulan depan, toko-toko Wal-Mart tertentu di Atlanta, Salt Lake City dan enam kota lain di Amerika akan menambah pilihan pengambilan belanjaan bahan pangan secara gratis.

Itu berarti, pelanggan memesan barang secara online, memilih waktu pengambilan, dan seorang karyawan Wal-Mart akan mengantar belanjaan itu ke pemesan yang datang ke toko. Wal-Mart kini menawarkan layanan itu di lima kota lain, sebagai bagian dari ujicoba pertama yang dimulai tahun 2011.

Langkah tersebut membuat Wal-Mart bersaing ketat dengan perusahaan-perusahaan yang menawarkan belanja bahan pangan secara online, yang dinilai menarik sejak awal merebaknya perusahaan online dot-com tahun 1990-an.

Toko eceran Target berencana secara agresif memberi layanan pengiriman belanjaan bahan pangan dan akan memulai ujicoba layanan pengiriman pada hari yang sama dengan Instacart Inc di Minneapolis bulan ini.

Sementara itu, Amazon menawarkan layanan dengan biaya 299 dolar per tahun, disebut AmazonFresh di kota-kota tertentu. Sedangkan Google mengumumkan bulan ini akan memulai ujicoba layanan pengiriman bahan pangan dan makanan segar akhir tahun ini di San Francisco dan satu kota lain. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG