Tautan-tautan Akses

Wakil Presiden Tiongkok Kunjungi Amerika


Wapres Tiongkok Xi Jinping berkunjung ke Amerika (Foto: dok).

Wapres Tiongkok Xi Jinping berkunjung ke Amerika (Foto: dok).

Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping memulai kunjungan empat hari di Amerika Serikat hari Senin sementara hubungan antara kedua negara menghadapi tantangan besar.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan kunjungan oleh orang yang diperkirakan akan menjadi pemimpin Partai Komunis Tiongkok tahun ini dan presiden negara itu tahun 2013 akan membicarakan berbagai masalah politik, ekonomi, keamanan dan hak azasi manusia.

Hari Selasa, Xi Jinping akan memulai pertemuan satu hari, termasuk dua jam pembicaraan dengan tuan rumah resminya, Wakil Presiden Amerika Joe Biden dan pembicaraan di Gedung Putih dengan Presiden Barack Obama.

Setelah makan siang di Departemen Luar Negeri Amerika yang dijamu oleh Wakil Presiden Biden dan Menteri Luar Negeri Clinton, Xi akan bertemu dengan para pejabat militer di Pentagon dan kemudian mengadakan pembicaraan dengan para tokoh perusahaan Amerika dan Tiongkok.

Tiongkok prihatin akan peningkatan kehadiran militer Amerika di kawasan Asia-Pasifik, yang dipandang luas untuk mengimbangi kekuatan Tiongkok yang meningkat di kawasan tersebut.

Karena Xi belum menjadi Kepala Negara Tiongkok, kunjungannya tidak akan mungkin menghasilkan terobosan besar dalam bidang-bidang penting, walaupun beberapa persetujuan niaga diperkirakan akan diumumkan.

Hari Rabu, Xi akan pergi ke negara bagian Iowa, lalu ke Kalifornia sebelum pulang ke Tiongkok.

XS
SM
MD
LG