Tautan-tautan Akses

Wakil Presiden Hadi Dilantik sebagai Presiden Baru Yaman


Abd-Rabbu Mansour Hadi resmi dilantik sebagai Presiden baru Yaman hari Sabtu (25/2).

Abd-Rabbu Mansour Hadi resmi dilantik sebagai Presiden baru Yaman hari Sabtu (25/2).

Abd-Rabbu Mansour Hadi, telah resmi dilantik sebagai pemimpin baru Yaman hari Sabtu menggantikan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Wakil presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, telah resmi dilantik sebagai pemimpin baru negara itu, menggantikan Ali Abdullah Saleh dalam peralihan kekuasaan yang bertujuan mengakhiri ketidakstabilan yang sudah berlangsung selama satu tahun.

Hadi mengambil sumpah jabatan dalam upacara di parlemen hari Sabtu.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Hadi berjanji untuk terus melawan al-Qaeda dan memulangkan para korban yang terlantar akibat krisis di Yaman kembali ke rumah mereka.

Hadi mendapat lebih dari 99 persen suara dalam pemilihan presiden yang hanya memiliki satu kandidat minggu ini, yang akan menjadikannya sebagai pemimpin masa transisi selama dua tahun. Penyerahan kekuasaan itu merupakan bagian dari perjanjian peralihan kekuasaan yang didukung Amerika dan Teluk di mana Saleh setuju untuk mundur dengan imbalan imunitas.

Saleh tiba kembali di Sana'a Sabtu pagi setelah menerima perawatan medis di Amerika atas cedera yang dialaminya dalam percobaan pembunuhan terhadap dirinya. Dia diperkirakan akan menyerahkan kekuasaan secara resmi dalam sebuah upacara hari Senin di istana presiden.

XS
SM
MD
LG