Tautan-tautan Akses

Protes Reformasi Pensiun, Wakil Petani Yunani Bertemu PM Tsipras


Reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah koalisi sayap kiri pimpinan PM Alexis Tsipras ditolak oleh petani Yunani (foto: dok).

Reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah koalisi sayap kiri pimpinan PM Alexis Tsipras ditolak oleh petani Yunani (foto: dok).

Para petani Yunani Senin (22/2) memprotes reformasi pensiun yang direncanakan oleh pemerintah koalisi sayap kiri pimpinan Alexis Tsipras.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan wakil-wakil petani hari Senin (22/2) gagal menemukan penyelesaian segera terhadap pemblokiran jalan-jalan di negara itu yang sudah berlangsung selama satu bulan ini.

Para petani memprotes reformasi pensiun yang direncanakan oleh pemerintah koalisi sayap kiri pimpinan Alexis Tsipras sebagai bagian dari komitmen supaya mendapat pinjaman dana talangan internasional.

Para petani memblokir jalan dan jalan utama antar negara, termasuk beberapa jalan di perbatasan utara Yunani dengan Bulgaria dan Turki.

Setelah pertemuan tersebut, para petani mengatakan akan menyampaikan usul Tsipras kepada para demonstran yang telah memarkir traktor mereka di sepanjang jalan utama tersebut. Mereka tidak menjelaskan apa usul yang disampaikan atau kerangka waktu pembahasan usul tersebut. Kelompok yang bertemu Tsipras itu juga bukan wakil seluruh petani yang berdemonstrasi.

Hanya satu dari empat kelompok petani utama yang berdemonstrasi itu yang setuju menghadiri perundingan hari Senin, sementara kelompok-kelompok lain berkeras menuntut pencabutan reformasi pensiun.

Tsipras tampaknya tidak akan mengubah banyak hal dalam rencana reformasinya. Ia berjuang keras mendorong reformasi pemangkasan anggaran setelah partai-partai yang beroposisi mengatakan tidak akan mendukung perubahan sistem pensiun, sehingga membuat Tsipras hanya bisa menggantungkan harapan pada anggota-anggota parlemen pro-pemerintah yang mayoritas dengan selisih hanya tiga kursi dalam parlemen yang beranggotakan 300 orang itu. [em/ii]

XS
SM
MD
LG