Tautan-tautan Akses

Wakil Menhan AS: Penggelaran Pasukan di Australia Bukan untuk Hadapi Tiongkok


Wakil Menteri Pertahanan AS bidang Kebijakan, Michele Flournoy berada di Beijing untuk pembicaraan dengan pejabat Tiongkok (8/12).

Wakil Menteri Pertahanan AS bidang Kebijakan, Michele Flournoy berada di Beijing untuk pembicaraan dengan pejabat Tiongkok (8/12).

Pemerintah Tiongkok menyebut rencana Amerika untuk mengirimkan 2.500 marinirnya ke Australia itu 'tidak wajar'.

Seorang pejabat senior departemen pertahanan Amerika mengatakan rencana yang diumumkan baru-baru ini untuk menggelar pasukan Amerika di Australia tidak bertujuan untuk membendung pengaruh Tiongkok di kawasan itu.

Wakil Menteri Pertahanan Amerika bidang Kebijakan Michele Flournoy hari Kamis mengatakan ia telah memberitahu para pejabat tinggi pertahanan Tiongkok bahwa langkah itu “sama sekali tidak ada hubungannya dengan Tiongkok.”

Hari Rabu, Flournoy bertemu dengan para pejabat Tiongkok di Beijing untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pertama sejak Presiden Barack Obama mengumumkan rencana bulan November untuk menempatkan hingga 2.500 marinir di Australia.

Obama mengatakan persetujuan itu akan membantu memelihara keamanan di kawasan Asia-Pasifik, meskipun sebagian orang berspekulasi langkah itu bertujuan untuk mengimbangi kekuatan militer Tiongkok yang meningkat.

Tiongkok menyebut penggelaran pasukan itu “tidak wajar,” dengan mengatakan keputusan demikian seharusnya terlebih dahulu dibahas dalam komunitas internasional.

XS
SM
MD
LG