Tautan-tautan Akses

AS

Wakil Jaksa Agung Ukraina Tak Dapat Visa AS


Wakil Jaksa Agung Ukraina, Renat Kuzmin, ditolak masuk ke Amerika Serikat. (Foto: Dok)

Wakil Jaksa Agung Ukraina, Renat Kuzmin, ditolak masuk ke Amerika Serikat. (Foto: Dok)

Wakil Jaksa Agung Ukraina menulis surat protes pada Presiden Barack Obama karena tidak mendapat visa ke Amerika.

Wakil Jaksa Agung Ukraina mengatakan pemerintah Amerika, yang membatalkan visanya lima tahun untuk masuk ke negara tersebut, merugikan hubungan kedua negara dan "merongrong otoritas Amerika."

Renat Kuzmin mengeluhkan sikap Amerika itu dalam surat kepada Presiden Amerika Barack Obama tertanggal 3 Desember. Surat itu dipasang di situs web jaksa agung Senin (10/12).

Kuzmin mengatakan, Duta Besar Amerika untuk Ukraina John Tefft Oktober lalu memberitahunya tentang pembatalan visanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Senat Amerika menyetujui resolusi bulan September yang menyerukan larangan visa terhadap pejabat-pejabat Ukraina yang bertanggung jawab atas pemenjaraan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko. Negara-negara Barat mengecam hukuman tujuh tahun Tymoshenko atas dasar penyalahgunaan biaya listrik.

Kuzmin juga menggunakan suratnya untuk menyatakan ketiadaan kerjasama Amerika dalam penyelidikan pembunuhan seorang anggota parlemen Ukraina di bandara Donetsk pada 1996. Jaksa Ukraina mengatakan punya bukti yang melibatkan Tymoshenko dalam pembunuhan itu - tuduhan yang dibantah mantan perdana menteri.
XS
SM
MD
LG