Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS Didakwa Berkomplot dengan Teroris


Gedung Departemen Kehakiman, Robert F. Kennedy di Washington DC (Foto: dok).

Gedung Departemen Kehakiman, Robert F. Kennedy di Washington DC (Foto: dok).

Mahmoud Amin Mohamed Elhassan (26 tahun), penduduk Woodbridge, Virginia, Kamis malam (26/5) didakwa karena membantu dan bersekongkol memberikan dukungan material kepada ISIS dan membuat pernyataan palsu kepada FBI.

Seorang warga AS telah didakwa dengan tuduhan berkonspirasi untuk memberikan dukungan material atau sumber daya kepada militan Negara Islam, demikian pernyataan Departemen Kehakiman Amerika Serikat, Jumat (27/5).

Sebuah dewan juri mendakwa Mahmoud Amin Mohamed Elhassan, 26 tahun, penduduk Woodbridge, Virginia, Kamis malam (26/5) karena membantu dan bersekongkol untuk memberikan dukungan material kepada ISIS dan membuat pernyataan palsu kepada FBI.

Menurut pernyataan itu, Elhassan dengan sadar melawan hukum dan bersekongkol dengan individu lain, Joseph Hassan Farrokh, dalam membantunya terbang ke luar negeri untuk bergabung dengan ISIS.

Elhassan mengatakan dia dan Farrokh tidak mendukung ISIS, atau berusaha menemukan seseorang untuk membantu mereka bergabung dengan ISIS.

Menurut surat dakwaan itu, Elhassan dengan sadar melanggar hukum dan sengaja membuat pernyataan palsu, fiktif dan menipu kepada FBI tentang apakah perjalanan Farrokh melibatkan terorisme internasional.

Pada tanggal 15 Januari, 2016, Elhassan mengatakan kepada agen FBI bahwa Farrokh telah meninggalkan Dulles sebelumnya hari itu untuk menghadiri pemakaman di California. [as/uh]

XS
SM
MD
LG