Tautan-tautan Akses

AS

Wabah Campak di AS Meluas


Seorang dokter anak di Northridge, California, memberikan vaksin campak, rubela dan gondok pada seorang bayi berusia satu tahun.

Seorang dokter anak di Northridge, California, memberikan vaksin campak, rubela dan gondok pada seorang bayi berusia satu tahun.

Semua kasus baru di negara bagian Illinois melibatkan anak di bawah satu tahun yang masih terlalu muda untuk diberi vaksin campak.

Lima bayi di pusat penitipan anak di pinggiran kota Chicago, negara bagian Illinois, telah didiagnosa terkena campak, menambah jumlah penderita dalam wabah penyakit yang semakin meluas di seluruh Amerika Serikat itu.

Pejabat kesehatan Cook County mengatakan Kamis (5/2) bahwa dua dari lima kasus itu telah dikonfirmasi dengan tes laboratorium. Tiga lainnya telah didiagnosa berdasarkan kriteria klinis dan epidemiologis, demikian kata para pejabat.

Semua kasus itu melibatkan anak di bawah satu tahun yang masih terlalu muda untuk diberi vaksin campak.

Para pejabat mengatakan bayi-bayi itu dirawat di rumah, tidak ada yang dirawat di rumah sakit.

Campak adalah penyakit pernafasan yang sangat menular, menyebabkan demam, mata merah, nyeri, pilek, batuk dan ruam. Campak dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus.

Penyakit itu dinyatakan hilang di Amerika Serikat pada tahun 2000 setelah upaya vaksinasi masa kanak-kanak yang intensif selama puluhan tahun.
Tidak jelas apakah kasus ini terkait dengan wabah campak yang dimulai di taman hiburan Disneyland di California pada Desember. Satu orang dewasa di Illinois baru-baru ini didiagnosa terkena campak.

Sejauh ini, lebih dari 100 kasus campak telah dikonfirmasi dalam wabah terbaru di AS.

Kebanyakan dokter yang sekarang berpraktik di Amerika Serikat belum pernah melihat kasus campak, karena vaksin campak telah tersedia sejak 1963. Vaksin itu 99 persen efektif jika anak diberi dua dosis.

XS
SM
MD
LG