Tautan-tautan Akses

VW Telah Diperingatkan soal Taktik Emisi Ilegal Beberapa Tahun Lalu


Seorang aktivis Greenpeace melakukan protes di depan pabrik Volkswagen di kota Wolfsburg, Jerman (25/9).

Seorang aktivis Greenpeace melakukan protes di depan pabrik Volkswagen di kota Wolfsburg, Jerman (25/9).

Pabrik mobil Jerman Volkswagen menimbulkan kemarahan dunia ketika mengakui bahwa 11 juta mobil diesel buatannya sejak tahun 2008 memalsukan data emisi.

Media-media Jerman hari Minggu (27/9) melaporkan Volkswagen mengabaikan peringatan dari staf dan pemasok beberapa tahun lalu tentang penggunaan taktik ilegal untuk menipu uji emisi.

Mingguan Jerman “Bild am Sonntag” melaporkan penyelidikan internal VW menemukan dokumen tahun 2007 dari beberapa pemasok perangkat elektronik Bosch yang memperingatkan VW untuk tidak menggunakan perangkat lunak tersebut dalam operasi sehari-hari.

Secara terpisah, “Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung” melaporkan seorang teknisi VW menyampaikan keprihatinan tentang praktek ilegal terkait tingkat emisi tersebut tahun 2011. Mingguan itu juga mengutip tim penyelidik internal VW.

Pabrik mobil Jerman itu menimbulkan kemarahan dunia ketika mengakui bahwa 11 juta mobil diesel buatannya sejak tahun 2008 menggunakan apa yang disebut “defeat devices” yang mengaktifkan kendali polusi ketika dilakukan pengujian, tetapi mematikan kendali itu ketika mobil digunakan berkendara sehari-hari.

Juru bicara VW menolak menanggapi laporan itu dengan mengatakan prinsip perusahaan tersebut, tidak akan menanggapi apa yang disebut sebagai “isu dan spekulasi”.

Namun pemerintah Jerman telah meningkatkan tekanan terhadap pabrik mobil raksasa itu, menuntut VW menetapkan tenggat hingga 7 Oktober untuk memastikan agar mobil-mobil diesel buatan VW memenuhi standar emisi tanpa menipu.

Skandal yang terus bergulir itu telah sangat menodai nama baik VW, sehingga pabrik mobil itu bisa dikenai denda hingga 18 milyar dolar oleh Amerika dan menghapus sepertiga nilai sahamnya pekan ini di pasar keuangan. [em]

XS
SM
MD
LG