Tautan-tautan Akses

Volkswagen Tarik 8,5 Juta Kendaraan terkait Skandal Emisi


Mobil-mobil Volkswagen di pabrik Volkswagen di kota Villers-Cotterets, Jerman (foto: dok).

Mobil-mobil Volkswagen di pabrik Volkswagen di kota Villers-Cotterets, Jerman (foto: dok).

Volkswagen hari Kamis (15/10) mengatakan akan menarik sebanyak 8,5 juta unit kendaraan di Eropa.

Volkswagen mengatakan akan menarik 8,5 juta unit kendaraan di Eropa setelah terungkap melakukan kecurangan dalam uji emisi.

Langkah itu diambil setelah Volkswagen diperintahkan oleh otorita otomotif Jerman (KBA) untuk menarik 2,4 juta unit kendaraan dengan piranti lunak yang bisa mengakali uji emisi.

Media Jerman melaporkan bahwa KBA menolak usul Volkswagen agar pemilik kendaraan secara sukarela membawa mobil mereka untuk diperbaiki.

Perusahaan itu dikecam karena lamban menanggapi skandal emisi ini, yang terungkap bulan lalu setelah pihak berwenang Amerika menemukan masalah pada kendaraan-kendaraan Volkswagen.

Minggu lalu, pemimpin Volkswagen Michael Horn meminta maaf dalam pernyataan dimuka Kongres Amerika. Skandal emisi ini mencakup hampir setengah juta unit kendaraan Volkswagen di Amerika.

Badan perlindungan lingkungan alam Amerika mengatakan Volkswagen bisa didenda hingga 18 miliar dollar.

Piranti lunak dalam mobil-mobil itu mampu mengakali uji emisi dengan menyalakan sistim kontrol polusi ketika sedang dites, tetapi mematikannya ketika mobil digunakan secara normal di jalan. Volkswagen mengakui ada sekitar 11 juta unit kendaraan yang dilengkapi piranti lunak tersebut.

Bulan lalu, Volkswagen menunjuk Matthias Mueller sebagai CEO baru untuk menggantikan Martin Winterkorn yang mengundurkan diri akibat skandal itu. [th/ii]

XS
SM
MD
LG