Tautan-tautan Akses

Volkswagen Tarik 120 Ribu Mobil di Korea Selatan


Logo Volkswagen pada model Beetle.

Logo Volkswagen pada model Beetle.

Kementerian Lingkungan juga mengumumkan dimulainya pengujian emisi pada sejumlah model Volkswagen yang terjual di pasar Korea, termasuk Golf, Audi A3, Jetta dan Beetle.

Volkswagen berencana menarik 120 ribu mobil bermesin diesel yang terjual di Korea Selatan, menurut para pejabat hari Kamis (1/10) sebagai bagian dari tanggapan global atas skandal penipuan polusi yang merusak lingkungan.

Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan mengatakan pihaknya telah menerima surat resmi dari perusahaan pembuat mobil Jerman itu Rabu, yang memberi garis besar maksudnya.

“Rencananya adalah menarik kembali 120 ribu mobil,” ujar kementerian itu dalam pernyataan tertulis.

Tindakan tersebut adalah bagian dari penarikan global jutaan mobil Volkswagen yang dipasang dengan piranti lunak yang memanipulasi uji emisi.

Kementerian Lingkungan itu juga mengumumkan dimulainya pengujian emisi pada sejumlah model Volkswagen yang terjual di pasar Korea, termasuk Golf, Audi A3, Jetta dan Beetle.

Uji laboratorium awal akan diikuti dengan tes di jalan mulai hari Minggu, katanya.

Produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan penjualan atau omzet itu telah mengaku bahwa sampai 11 juta mobil bermesin diesel di seluruh dunia dilengkapi dengan alat yang dapat menghidupkan pembatas polusi ketika alat itu mendeteksi mobil sedang menjalani pengujian.

Alat tersebut kemudian mematikan pembatas polusi ketika mobil sedang di jalan, yang memungkinkannya mengepulkan emisi pada tingkat yang merusak lingkungan.

Para pemilik Volkswagen di Korea Selatan mengikuti rekan mereka di Amerika dengan menggugat pabrik mobil Jerman itu atas penipuan emisi, dan ratusan diperkirakan akan mengajukan gugatan ke pengadilan dalam minggu-minggu mendatang. [gp]

XS
SM
MD
LG