Tautan-tautan Akses

Virus ‘Ular’ Serang Jaringan Internet Ukraina


Virus komputer

Virus komputer

Pakar-pakar keamanan internet ​​mengatakan virus agresif, disebut "Snake" atau ular, menyerang puluhan sistem telekomunikasi Ukraina, dan jumlah serangan meningkat sejak Januari 2013.

BAE Systems, perusahaan keamanan internet internasional, mengumumkan dalam laporan hari Jumat bahwa pihaknya telah mengidentifikasi 56 serangan "Snake" di seluruh dunia sejak tahun 2010, dan dari jumlah itu, 32 menyerang Ukraina. 22 Dari serangan-serangan terhadap Ukraina terjadi sejak Januari 2013, dan di antara yang diserang adalah jaringan pemerintah Ukraina.

Kalangan pakar mengatakan virus itu, yang juga dikenal sebagai "Ouroboros," ular yang memakan ekor sendiri dalam mitologi Yunani, bisa memberi akses tidak terbatas kepada operator jaringan, memungkinkan mereka melakukan pengawasan tanpa diketahui dan mengendalikan sendiri sistem tersebut.

Pembuat virus Ular itu tidak teridentifikasi, tetapi kalangan pakar mengatakan, operator tampaknya berbasis dalam zona waktu yang sama dengan Moskow, dan ada beberapa teks berbahasa Rusia dimasukkan dalam kode.

Menurut analis, Snake mirip Stuxnet, virus yang menyerang fasilitas nuklir Iran tahun 2010.
XS
SM
MD
LG