Tautan-tautan Akses

Viola Davis, Jon Hamm Rebut Penghargaan Teratas Emmy Awards

  • Associated Press

Viola Davis menerima penghargaan sebagai aktris utama terbaik dalam serial drama untuk “How to Get Away With Murder” pada Emmy Awards ke-67 (20/9).

Viola Davis menerima penghargaan sebagai aktris utama terbaik dalam serial drama untuk “How to Get Away With Murder” pada Emmy Awards ke-67 (20/9).

Viola Davis menjadi aktris non-kulit putih pertama yang meraih penghargaan tertinggi untuk kategori film akting drama.

Rintangan yang terpasang sekian lama jatuh pada acara Emmy Awards di Los Angeles, Minggu malam (20/9), ketika aktris Viola Davis menjadi aktris non-kulit putih pertama yang meraih penghargaan tertinggi untuk kategori akting drama, sementara John Hamm mendapatkan penghargaan untuk perannya dalam Mad Men, dan film Game of Thrones mendobrak resistensi Emmy yang anti-fantasi menjadi film drama terbaik.

Penghargaan-penghargaan tahunan itu dianugerahkan untuk film-film unggulan yang ditayangkan melalui televisi di Amerika.

Davis yang tampak emosional, menang atas perannya sebagai pengacara tanpa ampun dalam How to Get Away With Murder, mengutip perkataan dan semangat aktivis hak kulit hitam AS abad ke-19, Harriet Tubman.

"Satu-satunya yang memisahkan perempuan kulit berwarna dari yang lainnya adalah kesempatan," ujar Davis. "Anda tidak bisa memenangkan Emmy dengan peran yang memang tidak ada."

Bintang serial Empire Tariji P. Henson, aktris kulit hitam lainnya yang juga dinominasikan dalam kategori tersebut, berdiri dan memberikan aplus kepada Davis. Aktris-aktris Afrika Amerika lain yang berjaya hari Minggu (20/9) adalah Uzo Aduba dan Regina King, yang meraih penghargaan peran pembantu terbaik.

Bintang Mad Men Hamm akhirnya mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik, setelah sebelumnya hanya berhasil masuk menjadi nominasi selama tujuh kali​.

Serial televisi itu sendiri kalah dari Game of Thrones, yang menjadi serial "genre" kedua yang pernah menang, setelah drama fiksi ilmiah Lost.

Peter Dinklage, peraih aktor pemeran pembantu drama terbaik untuk Game of Thrones, juga mendapat penghargaan atas penulisan dan penyutradaraan.

Pembawa acara, komedian Andy Samberg, mengumumkan bahwa Emmy Awards ke-67 ini bertepatan dengan ulangtahun ke-67 George R.R. Martin, yang novel-novelnya menjadi basis untuk Game of Thrones. Martin tersenyum menerima ucapan dan penghargaan di atas panggung.

Untuk kategori komedi, satir politik Veep meraih penghargaan terbaik, mengalahkan Modern Family yang telah menang lima tahun berturut-turut.

Transparent mendapat penghargaan aktor komedi terbaik untuk Jeffrey Tambor dan penyutradaraan terbaik, memberikan para pemenang kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada tema transgender di film tersebut.​ (hd/eis)

XS
SM
MD
LG