Tautan-tautan Akses

Vietnam Tuduh Tiongkok Serang Nelayannya di Laut Cina Selatan


Pulau-pulau di Laut Cina selatan yang diyakini kaya sumber daya alam menjadi sengketa beberapa negara Asia.

Pulau-pulau di Laut Cina selatan yang diyakini kaya sumber daya alam menjadi sengketa beberapa negara Asia.

Jurubicara Kementrian Luar Negeri Vietnam, Luong Thanh Nghi mengatakan Tiongkok secara serius telah melanggar kedaulatan Vietnam.

Vietnam menuduh Tiongkok telah menyerang nelayannya di Laut Cina Selatan, dalam percekcokan terbaru kedua negara itu mengenai wilayah yang disengketakan yang diyakini kaya sumber daya alam.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Luong Thanh Nghi mengatakan, tindakan Tiongkok itu secara serius melanggar kedaulatan Vietnam dan sungguh-sungguh mengancam nyawa dan menyebabkan kerugian harta benda.'

Surat kabar pemerintah, Vietnam News, hari Kamis melaporkan Tiongkok menggunakan pasukan untuk mengancam 11 nelayan Vietnam pada tanggal 22 Februari, mencegah mereka memasuki kepulauan Paracel untuk menghindari badai. Dikatakan pasukan Tiongkok menyerang para nelayan itu dan berusaha merampas harta benda mereka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei membantah telah menyerang para nelayan itu, dan katanya pihak berwenang Tiongkok hanya memaksa kapal-kapal Vietnam meninggalkan perairan dekat Paracel yang diklaim Tiongkok, yang disebut Kepulauan Xisha.

XS
SM
MD
LG