Tautan-tautan Akses

Vietnam Tindak Keras Demonstrasi Anti-China


Seorang pendemo di demonstrasi anti-China di Ho Chi Minh, Vietnam, 18 Mei 2014.

Seorang pendemo di demonstrasi anti-China di Ho Chi Minh, Vietnam, 18 Mei 2014.

Polisi di kota Ho Chi Minh hari Minggu membubarkan sebuah demonstrasi anti-China, sementara Beijing terus mengevakuasi ribuan warganya dari Vietnam.

Pasukan keamanan juga dikerahkan di kota-kota utama lainnya setelah sekitar 150 buruh pabrik baja cedera di propinsi Ha Tinh dalam protes menentang China karena menempatkan anjungan minyaknya di perairan yang juga diklaim Vietnam.

Sementara kapal-kapal patroli dari kedua negara terus berhadapan dekat anjungan minyak itu, China mengatakan telah mengevakuasi 3.000 warganya termasuk 16 orang yang cedera akibat kerusuhan minggu lalu. China mengatakan akan mengirim lima kapal untuk mengangkut pulang siapapun yang ingin mengungsi.

Pemerintah Vietnam hari Sabtu berjanji mencegah kekerasan lebih jauh. Kepala polisi penyidik Vietnam membantah pasukan keamanan gagal mengekang kerusuhan itu.

Kalangan analis mengatakan krisis itu adalah sengketa diplomatik terburuk antara kedua negara komunis yang bertetangga itu sejak perang singkat terkait perbatasan awal tahun 1979.

Klaim China atas sejumlah teritori di Laut China Selatan telah meningkatkan ketegangan kawasan dan memicu konfrontasi diplomatik dan antar angkatan laut dengan Filipina, Taiwan, Indonesia dan Brunei.
XS
SM
MD
LG