Tautan-tautan Akses

Vietnam Tegang pasca Serangan atas Pabrik-Pabrik Asing


Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan pabrik sepatu China di Binh Duong, Vietnam selatan yang dibakar massa, Rabu (14/5).

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan pabrik sepatu China di Binh Duong, Vietnam selatan yang dibakar massa, Rabu (14/5).

Ketegangan masih tinggi di Vietnam selatan setelah ribuan orang mengamuk di pabrik-pabrik asing sebagai protes anti-China.

Ketegangan masih tinggi di Vietnam selatan setelah ribuan orang mengamuk di pabrik-pabrik asing sebagai bentuk protes terhadap sebuah anjungan minyak China di perairan Laut China Selatan.

Di propinsi Binh Duong, ribuan buruh berhenti bekerja Selasa malam dan ikut dalam demonstrasi anti-China. Tidak lama kemudian massa membakar dan menjarah belasan pabrik, termasuk milik perusahaan-perusahaan Korea dan Taiwan.

Banyak pabrik di kawasan itu masih tutup hari Rabu (14/5), sementara polisi anti-huru-hara berupaya menertibkan situasi. Berbagai posting di media-media sosial mengatakan terjadi kerusuhan di propinsi-propinsi lain, tetapi tidak bisa dikonfirmasi.

Tsai Wan-chen, presiden Asosiasi Pengusaha Taiwan di propinsi itu, mengatakan situasinya masih bergejolak meskipun ada sejumlah laporan polisi menangkap lebih dari 200 orang.

Di Taipei hari Rabu, kementerian luar negeri Taiwan memanggil utusan Vietnam untuk Taiwan dan menuntut agar negara itu memulihkan ketertiban dan menjamin keselamatan warga negara Taiwan.

China mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warganya di Vietnam dan mengatakan mereka memantau secara cermat situasi disana.

China bulan lalu memindahkan anjungan minyak negara miliknya ke kawasan dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan, yang dianggap Vietnam bagian dari zona ekonomi eksklusifnya.
XS
SM
MD
LG