Tautan-tautan Akses

Vietnam Protes Beijing Soal Eksplorasi di Laut Cina Selatan


Sebuah bendera Tiongkok tampak berkibar di atas sebuah bangunan di salah satu pulau yang disengketakan di Laut Cina selatan (foto: dok.).

Sebuah bendera Tiongkok tampak berkibar di atas sebuah bangunan di salah satu pulau yang disengketakan di Laut Cina selatan (foto: dok.).

Vietnam menganggap kegiatan Tiongkok di lepas pantainya, sebagai pelanggaran terhadap kedaulatannya dan hak-hak yurisdiksinya.

Beberapa pejabat Vietnam mengatakan mereka telah bertemu dengan beberapa pejabat Tiongkok untuk dengan resmi memprotes kegiatan kapal penelitian di Laut Cina Selatan di lepas pantai Vietnam.

Media pemerintah hari Selasa mengutip juru bicara kementerian luar negeri yang mengatakan Vietnam menganggap kegiatan Tiongkok tersebut sebagai pelanggaran terhadap kedaulatannya dan hak-hak yurisdiksinya. Juru bicara itu mengatakan Vietnam menuntut agar Tiongkok segera menghentikan kegiatan tersebut dan menahan diri dari mengulangi tindakan serupa.

Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, melaporkan sebelumnya bahwa kapal penelitian Tiongkok Tan Bao Hao melakukan survei antara tanggal 13 Juni dan 30 Juli. Kantor berita itu mengatakan survei itu dilakukan di perairan dari bagian barat kepulauan Paracel hingga ke bagian utara kepulauan Spratly.

Tiongkok dan Vietnam menyatakan klaim yang bertentangan atas kedua kepulauan itu.


XS
SM
MD
LG