Tautan-tautan Akses

Vietnam Pilih Nguyen Xuan Phuc Jadi Perdana Menteri Baru


Nguyen Xuan Phuc (tengah) saat pengambilan sumpah jabatan sebagai Perdana Menteri di Hanoi, Vietnam (7/4).

Nguyen Xuan Phuc (tengah) saat pengambilan sumpah jabatan sebagai Perdana Menteri di Hanoi, Vietnam (7/4).

Nguyen Xuan Phuc, mantan deputi perdana menteri berusia 61 tahun, terpilih menjadi Perdana Menteri Vietnam menggantikan Nguyen Tan Dung, yang meletakkan jabatan setelah satu dasawarsa berkuasa.

Vietnam kini memiliki perdana menteri baru. Parlemen Vietnam hari Kamis (7/4) memilih Nguyen Xuan Phuc. Pemilihan ini merupakan formalitas belaka karena ia adalah kandidat tunggal yang ditetapkan dalam kongres Partai Komunis pada bulan Januari.

Mantan deputi perdana menteri yang berusia 61 tahun itu menggantikan Nguyen Tan Dung, yang meletakkan jabatan setelah satu dasawarsa berkuasa. Dung memberlakukan seperangkat reformasi ekonomi yang membantu Vietnam menarik banyak investasi asing, berbicara terang-terangan menentang ekspansi China yang agresif di Laut China Selatan, dan memperkuat hubungan dengan Amerika Serikat.

Tetapi ia juga meninggalkan warisan utang negara yang sangat besar, korupsi yang meluas dan BUMN-BUMN yang tidak efisien.

Nguyen Xuan Phuc adalah anggota tiga serangkai baru yang berkuasa di Vietnam, selain Sekjen Partai Komunis Nguyen Phu Trong dan Presiden Tran Dai Quang. Trong berhasil mengatasi tantangan dari Nguyen Tan Dung untuk menduduki kursi di Politbiro yang beranggotakan 19 orang dalam kongres partai Januari lalu. Tran dipilih menduduki jabatan seremonial itu pekan lalu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG