Tautan-tautan Akses

Vietnam Peringati 40 Tahun Kemenangan Militer


Para veteran Vietnam merayakan 40 tahun berakhirnya Perang Vietnam di Ho Chi Minh City (30/4). (AP/Na Son Nguyen)

Para veteran Vietnam merayakan 40 tahun berakhirnya Perang Vietnam di Ho Chi Minh City (30/4). (AP/Na Son Nguyen)

Kemenangan itu merupakan akhir perang puluhan tahun pemerintah Vietnam Utara, pertama dengan Perancis dan kemudian dengan Amerika Serikat.

Vietnam mengadakan parade untuk merayakan 40 tahun kemenangan militer yang mengakhiri Perang Vietnam dan menyatukan negara itu di bawah kekuasaan komunis.

Sementara para pejabat tertinggi menyaksikan hari Kamis (30/4), ribuan tentara Vietnam yang melambaikan bendera, veteran perang, dan lain-lain berpawai menuju tengah kota Ho Chi Minh.

Parade tersebut adalah rekonstruksi peristiwa-peristiwa tanggal 30 April 1975, ketika tank-tank Vietnam Utara dengan berjaya berjalan ke tengah apa yang waktu itu ibukota Vietnam Selatan, yang dinamakan Saigon.

Kemenangan itu merupakan akhir perang puluhan tahun pemerintah Vietnam Utara, pertama dengan Perancis dan kemudian dengan Amerika Serikat. Kira-kira 58 ribu tentara Amerika dan sampai empat juta orang Vietnam tewas dalam konflik itu.

Amerika Serikat, yang mendukung Vietnam Selatan dalam usaha untuk menghentikan penyebaran komunisme, keluar dari Vietnam tidak lama setelah jatuhnya Saigon.

XS
SM
MD
LG