Tautan-tautan Akses

Vietnam Minta China Tak Kerahkan Militer ke Laut China Selatan


Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong saat bertemu di Hanoi, Vietnam hari Kamis (5/11).

Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong saat bertemu di Hanoi, Vietnam hari Kamis (5/11).

Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong meminta Presiden China Xi Jinping agar "tidak mengerahkan militer dan menjaga perdamaian" di Laut China Selatan.

Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong meminta Presiden China Xi Jinping, yang akan melawat ke negara itu, agar "tidak mengerahkan militer dan menjaga perdamaian" di Laut China Selatan. Permintaan itu disampaikan dalam pernyataan yang dimuat di situs web pemerintah Vietnam.

Trong mengadakan pembicaraan dengan Xi begitu pemimpin China itu tiba hari Kamis di Hanoi untuk lawatan dua hari guna memperbaiki hubungan yang rusak akibat tindakan tegas China di perairan yang disengketakan dan diklaim China, Vietnam dan negara-negara lain.

Disebutkan dalam pernyataan itu, kedua pihak "berkomitmen mengatasi sengketa maritim supaya tidak berdampak pada perkembangan hubungan timbal balik yang sehat dan stabil."

Sementara itu, kantor berita resmi China, Xinhua, mengutip pernyataan tertulis Xi, menyatakan Xi berharap lawatannya "bisa membantu menaikkan kemitraan dan kerjasama China-Vietnam yang menyeluruh dan strategis ke tingkat baru."

Berbagai sentimen anti-China semakin tinggi di Vietnam, setahun setelah China memasang kilang minyak yang menuai kontroversi di perairan yang disengketakan itu, menyebabkan beberapa konfrontasi kecil dan kerusuhan mematikan di daratan Vietnam, satu dari beberapa negara yang punya klaim tumpang tindih dengan China. [ka]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG